NUSANTARA

Pilkada Solo 2024 Tanpa Calon Independen

KPU Solo memastikan Pilkada Solo 2024 akan digelar tanpa calon jalur independen atau non-parpol.

AUTHOR / Yudha Satriawan

Pilkada Solo 2024 Tanpa Calon Independen
Pilkada Serentak 2024

KBR, Solo - Hingga batas akhir penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan akhir pekan lalu, KPU Solo memastikan Pilkada Solo 2024 akan digelar tanpa calon jalur independen atau non-parpol.

Ketua KPUD Solo, Bambang Christanto mengatakan sejak awal 2024 KPU sudah mensosialisasikan syarat jalur perseorangan dan pendaftaran mulail 8-12 Mei lalu.

Bambang menjelaskan Pilkada Solo 2024 berbeda dengan pilkada sebelumnya yang ada paslon dari jalur perseorangan.

"Yang membedakan kalau Pilkada Solo 2020 lalu, paslon dari parpol yaitu Gibran Rakabuming dan Teguh, ada lawannya paslon dari jalur perseorangan yaitu Bagyo & Suparjo disingkat BAJO. Nah di Pilkada Solo 2024 ini sejak tanggal 8-12 Mei kemarin tidak ada kandidat yang mendaftar di jalur perseorangan. Oleh karena itu, kesempatan berikutnya hanya di jalur partai politik yang diusung parpol sendiri atau koalisi parpol sesuai regulasi," kata Bambang, Selasa (14/5/2024).

Baca juga:


Menurut Bambang, syarat minimal maju di jalur perseorangan di Pilkada Solo sekitar 37.316 KTP.

Pada Pilkada Solo 2020 lalu, pasangan Bagyo-Supardjo maju lewat jalur independen dengan dukungan ormas. Namun Bagyo-Supardjo kalah perolehan suara menghadapi pasangan yang diusung PDIP dan parpol lain yaitu Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa.

Bajo mendapat jumlah tipis 13,5 persen suara, sedangkan Gibran-Teguh menang telak sekitar 86,5 persen dari total suara sah. Tingkat partisipasi pemilih 70,7 persen.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!