NASIONAL

Perempuan Memegang Peranan Penting Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi perempuan di era ekonomi digital.

AUTHOR / Astri Yuana Sari

Perempuan Memegang Peranan Penting Pengembangan Ekonomi Masyarakat
Ilustrasi: Pekerja UMKM membuat bakpia khas Sabang di tempat produksi bakpia, Sabang, Aceh. Selasa, (14/12/21). (Foto: Antara/Irwansyah Putra)

KBR, Jakarta- Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyebut perempuan memegang peranan penting dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Kata dia, dari sekitar 65 juta pelaku UMKM di Indonesia, 64 persen adalah perempuan.

Itu sebab, mendorong perempuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pencapaian potensi

"Melalui digitalisasi ekonomi para perempuan hebat memiliki berbagai peluang pengembangan diri seperti menjadi inovator, edukator, influencer, entrepreneur, bahkan pemimpin digital. Kemudahan akses informasi yang diberikan internet Sudah Selayaknya menjadi modal bagi para perempuan untuk terus tumbuh dan saling memberdayakan," kata Budi dalam Penganugerahan, Pemenang Kompetisi Modal Perempuan Jagoan Pencari Cuan (PUJAAN) Perempuan Cerdas Cakap Digital - Bukalapak di Jakarta Selatan, Selasa (16/01/2024).

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengakui masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi perempuan di era ekonomi digital. Baik itu keterbatasan literasi keuangan, akses perangkat digital, dan keterampilan seperti perencanaan dan forecasting bisnis, serta minimnya akses ke pasar.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo menjalankan program pengembangan ekonomi digital seperti, UMKM Level Up, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), serta Digital Entrepreneurship Academy (DEA).

"Kami juga secara aktif mendukung penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sebagai program afirmatif pemerintah dalam mendorong kecintaan pada produk dalam negeri," imbuhnya.

Budi mendorong perempuan bisa kuat dan mandiri secara ekonomi, untuk membangun fondasi keluarga yang kokoh, yang akan membawa generasi berikutnya menopang Indonesia maju.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!