NASIONAL

Penyerapan Anggaran Kementerian Pertanian Baru 27 Persen

KBR, Jakarta- Penyerapan anggaran Kementerian Pertanian semester pertama 2014 atau hingga Juni ini baru mencapai Rp. 4,26 triliun atau sebesar 27 persen. Jumlah itu lebih rendah dari penyerapan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 28, 57 persen. Men

AUTHOR / Khusnul Khotimah

Penyerapan Anggaran Kementerian Pertanian Baru 27 Persen
anggaran, pertanian, Suswono, APBN

KBR, Jakarta- Penyerapan anggaran Kementerian Pertanian semester pertama 2014 atau hingga Juni ini baru mencapai Rp. 4,26 triliun atau sebesar 27 persen. Jumlah itu lebih rendah dari penyerapan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 28, 57 persen.

Menteri Pertanian Suswono mengklaim sudah melakukan berbagai cara untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran. Suswono menjelaskan upaya yang ia lakukan misalnya mendampingi daerah yang serapannya rendah dan memberlakukan sistem penghargaan dan hukuman.

"Berbagai upaya percepatan telah dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serapan anggaran. Namun upaya tersebut belum memberikan efek percepatan serapan dikarenakan prinsip kehati-hatian," jelas Menteri Pertanian Suswono di DPR, Selasa (17/6).

Penyerapan anggaran sebesar 27 persen di Kementerian Pertanian sudah dihitung pasca pemotongan anggaran belanja di Kementerian yang mencapai Rp1,9 triliun. Pemotongan itu diperkirakan bakal berdampak pada belanja barang dan perjalanan dinas.


Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!