NASIONAL

Pengamat: Gagasan Politik Tiga Capres Dinilai Normatif dan Pengulangan Belaka

Gagasan ketiga Bacapres belum menyentuh pokok persoalan kerakyatan, seperti kemiskinan hingga tuntutan lapangan pekerjaan.

AUTHOR / Hoirunnisa

Capres
Bacapres Prabowo Subianto saat tampil di Mata Jawa on Stage di UGM Yogyakarta(19/9/2023). (Foto: Youtube Najwa Shihab)

KBR, Jakarta - Gagasan politik yang disampaikan tiga bakal calon presiden -- Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto -- untuk Pemilu mendatang cenderung normatif.

Selain itu, menurut Pengamat politik dari lembaga Indonesia Political Opinion, Dedi Kurnia Syah, gagasan mereka hanya mengulang-ulang apa yang telah dikerjakan selama ini oleh Presiden Joko Widodo.

Dedi mengatakan, secara umum belum ada gagasan baru dan tegas yang diusung ketiga bakal calon presiden.

"Tentu masih pada tahapan yang normatif. Apa yang mereka sampaikan tidak jauh dari apa yang sebetulnya sudah dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hanya saja, perbedaan itu mencolok pada Anies Baswedan yang tidak serta merta mengakui dan mengonfirmasi aktivitas-aktivitas pembangunan yang dilakukan oleh pemerintahan saat ini akan dilaksanakan ulang oleh Anies Baswedan. Tetapi itu Anies Baswedan dalam rangka melakukan koreksi yang sifatnya hanya implementasi," ujar Dedi kepada KBR, Rabu (20/9/2023).

Dilanjutkan Dedi, secara konkrit, gagasan ketiga Bacapres belum menyentuh pokok persoalan kerakyatan, seperti kemiskinan hingga tuntutan lapangan pekerjaan.

"Ketiga bakal calon presiden hanya berkutat pada persoalan yang bersifat populis. Tidak lain untuk menarik perhatian masyarakat saja," tukasnya.

Dedi berharap, masyarakat dapat melihat dan menilai rekam jejak catatan pekerjaan ketiga Bacapres saat menjabat, dan rekan jejak masa lalu serta apa saja yang sudah pernah dilakukan.

Dedi mencontohkan, Ganjar Pranowo yang dapat dilihat dari berbagai kebijakan yang pernah dikeluarkan saat menjabat Gubernur Jawa Tengah. Begitu pula Anies Baswedan saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan Prabowo Subianto yang berlatar belakang pengusaha.

Baca juga:

- Prabowo Bantah Tampar dan Cekik Wamentan

- Capres Umbar Janji, Bawaslu: Bukan Kampanye

Sebelumnya, tiga tokoh yang digadang-gadang menjadi bakal calon presiden menyampaikan gagasannya di acara "Mata Najwa on Stage" Yogyakarta, kemarin. Acara itu digelar Universitas Gadjah Mada UGM berkolaborasi dengan Narasi.

Ketiga Bacapres bergantian hadir dalam sesi berbeda untuk bicara gagasan, berdialog dengan civitas akademika dan audiens.

Editor: Fadli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!