NASIONAL

Pendaftar SATU Indonesia Award Mencatat Rekor Tertinggi

KBR68H, Jakarta - Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards sudah memasuki tahun pelaksanaan yang keempat.

AUTHOR / Doddy Rosadi

Pendaftar SATU Indonesia Award Mencatat Rekor Tertinggi
SATU Indonesia, award, Astra Internasional

KBR68H, Jakarta - Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards sudah memasuki tahun pelaksanaan yang keempat. Dalam keterangan pers yang diterima KBR68H, hingga hari ini, jumlah pendaftar sudah mencapai 1.277. Jumlah ini menjadi rekor tertinggi selama pelaksanaan SATU Indonesia Awards meski masa pendaftaran belum tutup.

Tahun lalu total pendaftar mencapai 1.088, dibandingkan tahun 2011 yang hanya berjumlah 492 pendaftar, jumlah tersebut naik sebesar 121%. Sementara itu pada tahun pertama penyelenggaraannya di tahun 2010 jumlah pendaftar hanya 120.

Kecenderungan pertumbuhan jumlah pendaftar dari tahun ke tahun ini melahirkan optimisme pada Astra sebagai penyelenggara, bahwa jumlah pendaftar masih akan terus bertambah hingga pendaftaran ditutup pada 18 Agustus nanti.

SATU Indonesia Awards mencari generasi muda berusia maksimal 35 tahun yang senantiasa berkontribusi positif untuk lingkungan sekitar dan memberi manfaat bagi masyarakat luas di lima bidang, yaitu Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Wirausaha dan Teknologi. Penilaian berdasarkan program individu bukan kelompok, kegiatan harus orisinal, penggiat/kegiatannya telah berlangsung minimal dua tahun, belum pernah menerima penghargaan nasional atau internasional, belum diliput oleh media serta bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Group sebagai mitra kerja program ini.

Tidak hanya calon peserta yang bisa mendaftarkan diri, namun masyarakat yang mengetahui keberadaan dari para pemuda dengan kriteria di atas juga dapat merekomendasikan dan mendaftarkan lebih dari satu orang peserta. Kegiatan-kegiatan yang membawa perubahan ini nantinya akan dinilai berdasarkan parameter mulai dari motif kegiatan, hasil yang diciptakan, jangkauan dari program dan komitmen untuk melanjutkan kegiatan.

Bentuk kegiatannya bisa berupa pelatihan keterampilan sekelompok orang, komunitas atau masyarakat yang kurang beruntung, sehingga mereka punya keahlian dan dapat hidup mandiri.

Komitmen PT Astra International Tbk dalam memberikan dukungan kepada para pembawa perubahan ini diwujudkan dalam pembinaan kegiatan serta pemberian bantuan dana untuk kelangsungan program masing-masing senilai Rp 55 juta bagi para Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2013.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!