NASIONAL

Pemkot Solo Siapkan Rencana Pengunduran Diri Gibran

Semua kan ada prosesnya, kami tunggu instruksi wali kota saja

AUTHOR / Yudha Satriawan

EDITOR / Wahyu Setiawan

Pemkot Solo Siapkan Rencana Pengunduran Diri Gibran
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah)

KBR, Solo - Pemerintah Kota Solo menyiapkam rencana pengunduran diri Gibran Rakabuming dari kursi wali kota. Sekretaris Daerah Sekda Pemkot Solo Budi Murtono mengatakan dirinya sudah berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Saya belum tahu beliau (Gibran) mau mengundurkan diri kapan dan bagaimana," ujar Budi di Balaikota Solo, Senin (15/7/2024).

"Intinya saya hanya diminta konsultasi mekanisme pengunduran diri ke Kemendagri. Secara aturan kalau nanti wali kota Solo mengundurkan diri itu kirim surat ke DPRD, lalu proses izin ke gubernur, ke Kemendagri," jelas Budi.

Setelah Gibran mundur, posisinya akan digantikan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa.

"Nanti wakil wali kota Solo ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Solo. Prosesnya 20 hari sejak surat resmi masuk di Kemendagri," kata dia.

Budi mengeklaim pelayanan dan kinerja Pemkot Solo terus berjalan meski masa jabatan Gibran tinggal tiga bulan sebelum dilantik menjadi wakil presiden, Oktober mendatang.

"Semua kan ada prosesnya, kami tunggu instruksi wali kota saja," imbuh Budi.

Respons Gibran

Gibran enggan menanggapi isu dirinya akan mundur lebih awal dari wali kota Solo.

"Nanti saja ya, nanti lihat saja ya," katanya usai mengikuti Upacara Hari Lahir Ke-78 Kabupaten Sukoharjo, di Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (15/7/2024), dikutip dari ANTARA.

Disinggung soal pertimbangan mundur dari jabatan tersebut, Gibran juga belum ingin menjawab secara detail.

"Nanti aja ya soal itu," katanya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!