NASIONAL

Pembentukan MKHK Rampung Februari

Pembentukan Majelis Kehormatan Hakim Konstitusi (MKHK) diperkirakan rampung Februari nanti.

AUTHOR / Wiwik Ermawati

Pembentukan MKHK Rampung Februari
Mahkamah Konstitusi, Majelis Kehormatan, Akil Mochtar, Komisi Yudisial

KBR68H, Jakarta - Pembentukan Majelis Kehormatan Hakim Konstitusi (MKHK) diperkirakan rampung Februari nanti. Wakil Ketua KY, Imam Anshori mengatakan, lamanya proses pembentukan MKHK ini disebabkan MK yang berkeras mengajukan semua calon anggota asal lembaganya. Dia menilai, perwakilan lembaganya harus disertakan dalam majelis tersebut.

 

"MK ingin mengajukan semua calon dari MK, itu kan lucu kalau semua calon dari MK padahal nanti mereka semua akan mengawasi MK. Jadi kalau KY inginnya 50:50, MK calonkan kita juga calonkan jangan didominasi oleh MK semua yang mengajukan calonnya. Karena kemarin masih di tim kecil antar KY dan MK. Mudah-mudahan awal Februari kita duduk bersama antara komisioner dengan hakim MK," kata Imam saat dihubungi KBR68H


Akhir Desember lalu, DPR mengesahkan Perppu Penyelamatan MK. Perpu tersebut dikeluarkan sebagai tindak lanjut atas kasus suap yang menimpa bekas Ketua MK, Akil Mokhtar. Pasca penahanan Akil, MK membentuk Dewan Etik yang bertugas menindak dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Akil dan hakim konstitusi lainnya.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!