NASIONAL

Orang Tak Dikenal Meretas Akun IG AJI Indonesia

Peretasan akun @aji.indonesia dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB.

AUTHOR / Sindu

Orang Tak Dikenal Meretas Akun IG AJI Indonesia
Tangkapan layar dari akun Instagram @aji.indonesia Selasa, 5 September 2023. Foto: KBR

KBR, Jakarta- Akun media sosial Instagram (IG) milik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia diretas orang tak dikenal, Selasa, 05 September 2023. Peretasan akun @aji.indonesia dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB.

Usai dikuasai, terduga pelaku mempromosikan lima iklan telepon pintar disertai foto produk dan harga. Dari rilis yang diterima Redaksi KBR, sejumlah upaya dilakukan AJI Indonesia untuk bisa memulihkan akun yang telah diretas. Salah satunya dengan menghubungi Meta.

Hingga berita ini ditulis, akun IG dengan jumlah pengikut lebih 18 ribu itu masih dikuasai pihak lain. Pantauan akses yang dilakukan KBR pada Selasa malam, (05/09), pukul 19.13, akun tersebut juga masih dikuasai peretas.

Tak hanya itu, terduga pelaku juga menghapus seluruh riwayat stories milik AJI Indonesia, dan mengganti dengan promo penjualan telepon genggam.

Untuk sementara ini, Ketua Umum AJI Indonesia Sasmito mengimbau netizen tidak memedulikan konten di @aji.indonesia, guna mencegah timbulnya kerugian ekonomi ataupun yang lain.

Kini, AJI Indonesia juga tengah mencari tahu apakah serangan ke akun IG tersebut berkorelasi dengan kegiatan-kegiatan selama ini mereka kerjakan. Itu lantaran, serangan digital bukan hanya kali ini saja menimpa organisasi jurnalis tersebut, melainkan terus bermunculan sejak dua bulan terakhir, salah satu yang disasar adalah situs resmi AJI Indonesia.

Baca juga:

Editor: Citra Dyah Prastuti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!