NASIONAL

MUI: Lebaran Kemungkinan Besar 8 Agustus

KBR68H, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan Hari Raya Idul Fitri 1434 H akan jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013.

AUTHOR / Danu Mahardika

MUI: Lebaran Kemungkinan Besar 8 Agustus
lebaran, MUI, 8 agustus, muhammadiyah

KBR68H, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan Hari Raya Idul Fitri 1434 H akan jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013. Tanggal tersebut sama dengan tanggal yang telah ditetapkan oleh pihak Muhammadiyah. Namun demikian, meskipun para ulama sudah sepakat, sidang isbat tetap akan dilaksanakan. Ketua Umum MUI, Maaruf Amin mengatakan ini karena cara menetapkan permulaan Ramadhan maupun Syawal harus melalui sidang isbat.

”Karena ketinggian hilal itu kan diatas 2 derajat. Jadi bagi semua pihak itu kan sudah. Jadi oleh karena itu sudah bisa dipastikan (lebaran berbarengan). Dan yang wujudan hilal apalagi, memang sudah wujud hilalnya," jelasnya saat dihubungi KBR68H, Senin (5/8)

Ketua Umum MUI, Maaruf Amin menambahkan pihaknya meminta masyarakat untuk bijak menyikapi perbedaan cara penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri ini. Kata dia walaupun metode berbeda namun bisa saja hasilnya sama seperti Idul Fitri tahun ini.

Sebelumnya, ormas Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 8 Agustus. Kepastian itu disampaikan secara bersamaan dengan penetapan 1 Ramadhan yang jatuh pada 9 Juli lalu.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!