NASIONAL

Misi Perdamaian PBB, 140 Personel Polri Berangkat ke Afrika Tengah

""Bukan hanya berkontribusi pada perdamaian dunia namun rekan-rekan juga merupakan etalase yang membawa nama bangsa""

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

pelepasan pasukan perdamaian PBB Garuda Bhayangkara ke Afrika Tengah
Kapolri Listyo Sigit Prabowo foto bersama usai pelepasan pasukan perdamaian PBB Garuda Bhayangkara ke Afrika Tengah, pada Selasa (19/09/23). (Antara/Laily)

KBR, Jakarta- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo melepas 140 anggota Polri untuk menjadi bagian Satuan Tugas (Satgas) Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 5 Minusca. Listyo mengatakan  anggota polri yang tergabung dalam satgas tersebut akan diberangkatkan ke Bangui, ibu kota Republik Afrika Tengah untuk bertugas melakukan misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Saat ini Polri kembali mengirimkan kontingen Garbha Satgas FPU 5 Minusca dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB di Bangui, Afrika Tengah, yang diikuti 140 personel Polri dengan rincian 116 polisi laki-laki (Polki) dan 24 polisi wanita (Polwan). Kontingen ini beranggotakan personel-personel tangguh yang sudah melalui proses seleksi dan asesmen serta dibekali dengan pelatihan prapenugasan sesuai standar PBB selama tujuh bulan,” ucap Listyo saat pimpin Upacara Pelepasan Tim Satgas Garbha FPU 5 Minusca di Markas Besar Polri, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Listyo menambahkan melalui misi tersebut, diharapkan anggota yang bertugas berkotribusi terhadap stabilitas keamanan dan penyelesaian konflik di tempat penugasan serta bisa meningkatkan kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia.

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan yang luar biasa bagi rekan-rekan semua bukan hanya berkontribusi pada perdamaian dunia namun rekan-rekan juga merupakan etalase yang membawa nama bangsa Indonesia di dunia. Untuk itu keberhasilan misi menjadi harga mati yang harus diperjuangkan,” kata Listyo.


Baca juga:

Sementara itu Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Krishna Murti mengatakan Satgas Garbha FPU 5 Minusca adalah pasukan yang merotasi Garbha FPU 4 Minusca yang sebelumnya sudah berangkat ke Bangui per September 2022. Kala itu jumlah personel yang diberangkatkan ada 140 personel terdiri 115 Polki dan 25 Polwan.

Editor: Rony Sitanggang

  • Kapolri Listyo Sigit
  • Pasukan Perdamaian PBB
  • Garuda Bhayangkara
  • Bangui
  • Republik Afrika Tengah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!