BERITA

KPU: Pemilu di Lampung Jadi Model Pemilu Serempak 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai jika pemilu yang berlangsung di Lampung bisa menjadi model pelaksanaan pemilu serentak pada 2019. Sebab pada pemilu Rabu lalu, warga Lampung tidak hanya memilih untuk empat lembaga perwakilan tapi juga memilih gubernur

AUTHOR / Aisyah Khairunnisa

KPU: Pemilu di Lampung Jadi Model Pemilu Serempak 2019
KPU, Pemilu di Lampung, Pemilu Serempak, 2019

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai jika pemilu yang berlangsung di Lampung bisa menjadi model pelaksanaan pemilu serentak pada 2019. Sebab pada pemilu Rabu lalu, warga Lampung tidak hanya memilih untuk empat lembaga perwakilan tapi juga memilih gubernur dan wakil gubernur. (Baca: Pemilu Serentak Bisa Mengurangi Alokasi Dana)

Ketua KPU, Husni Kamil Manik mengatakan, saat pemilihan secara serempak itu, penghitungan suara juga bisa dirampungkan di hari yang bersamaan.

"Karena ini bisa jadi prototipe kalau misalnya yang diserentakkan seperti yang kita bayangkan sekarang. Antara pemilu legislatif dan pemilu presiden digabung. Prototipe-nya seperti di Lampung. Itu penghitungan suaranya selesai dini hari," kata Ketua KPU, Husni Kamil Manik, Jumat (11/4).

Ketua KPU, Husni Kamil Manik menambahkan, dalam Pemilu di Lampung kemarin, tidak terjadi konflik antarpendukung gubernur seperti yang dikhawatirkan sebelumnya.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi mengabulkan revisi Undang-Undang mengenai Pemilu. MK memutuskan bahwa pemilu legislatif dan pemilu presiden bakal digelar bersamaan. Konsep ini bakal dimulai pertama kali pada 2019 mendatang.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!