BERITA

KPU Banyuwangi Resmi Tetapkan Zonasi Kampanye

KBR68H, Banyuwangi - Komisi Pemilihan Umum KPU Banyuwangi Jawa Timur menetapkan zonasi pemasangan baliho kampanye di setiap desa atau kelurahan.

AUTHOR / Hermawan

KPU Banyuwangi Resmi Tetapkan Zonasi Kampanye
zonasi kampanye, baliho, banyuwangi

KBR68H, Banyuwangi - Komisi Pemilihan Umum KPU Banyuwangi Jawa Timur menetapkan zonasi pemasangan baliho kampanye di setiap desa atau kelurahan. Anggota KPU Banyuwangi Irfan Hidayat mengatakan, penetapan zonasi itu tercapai, setelah Pemkab Banyuwangi menyerahkan daftar zonasi pemasangan baliho di setiap desa.

Dia mengklaim seluruh partai politik peserta pemilu 2014 telah menyetujuinya.

“Walaupun ada sedikit perdebatan terkait dengan sinkronisasi PKPU No 15 tahun 2013 dengan Peraturan Daerah No. 10 Tahun 2012. Karena ada pemahaman yang kemarin tidak muncul, sekarang muncul terkait dengan pemasangan antribut partai di pucuk pohon. Terkait dengan 1 desa satu, kemudian bila di tempat itu juga ada tempat yang kemudian dipasang alat praga itu tidak dipersoalkan asalkan pemilik rumah itu tidak mempersoalkan itu,” kata Irfan Hidayat.

Anggota KPU Banyuwangi Irfan Hidayat menambahkan, dengan ditetapkanya zonasi itu, maka peraturan KPU tentang pembatasan alat peraga kampanye, resmi berlaku di Banyuwangi. Diharapkan seluruh partai politik dan calon anggota legislatif bisa mematuhi aturan tersebut.

Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Banyuwangi Rory Desrino Purnama mengatakan, dengan pemberlakuan aturan tersebut, Panwas telah mempunyai dasar untuk menertibkan baliho kampanye parpol dan caleg yang melanggar aturan.

Untuk itu pihaknya bakal memantau pemasangan baliho kampanye itu di setiap desa dan kelurahan.

Editor: Suryawijayanti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!