NASIONAL

KPU Akui Sulit Mendata Calon Pemilih di Luar Negeri

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat mengakui hingga saat ini masih ada Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang belum terdaftar dalam DPT 2014.

AUTHOR / Abu Pane

KPU Akui Sulit Mendata Calon Pemilih di Luar Negeri
KPU, Calon Pemilih, Luar Negeri, Ferry Kurnia Rizkiyansyah

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat mengakui hingga saat ini masih ada Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang belum terdaftar dalam DPT 2014.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengklaim, yang belum terdaftar dalam DPT tersebut merupakan WNI yang bekerja di Kota Copenhagen, Denmark. Dia membantah jika sebanyak 3,6 juta WNI belum terdaftar seperti yang dilaporkan LSM Migran Care

"Luar negeri misalnya, satu daerah lagi yang belum, yakni Copenhagen di Denmark. Kemarin saya informasikan ada 10 PPLN yang belum masuk, sekarang tinggal satu daerah. Itu bukan belum menetapkan, tapi belum masuk saja datanya ke kami. Sehingga data yang sudah masuk ini Rp 1,3 juta jiwa dari DPS Rp 1,9 juta pemilih," ujar Ferry di Jakarta, Selasa (22/10).

Ferry menambahkan, selama ini pihaknya memang kesulitan mendata calon pemilih di luar negeri. Sebab, selain dipersulit majikan mereka, pekerja asal Indonesia juga banyak yang ilegal.

Meski begitu, sebelum pengumuman DPT besok, KPU berjanji akan mengumpulkan data WNI di luar negeri yang berhak memilih pada 2014 nanti.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!