NASIONAL

KPK Kumpulkan Bukti Untuk Jerat Boediono

KBR, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi KPK mengklaim telah mengantongi bukti dugaan keterlibatan bekas Gubernur Bank Indonesia, Boediono terkait korupsi di Bank Century.

AUTHOR / Nurika Manan

KPK Kumpulkan Bukti Untuk Jerat Boediono
boediono, bank century, kpk

KBR, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi KPK mengklaim telah mengantongi bukti dugaan keterlibatan bekas Gubernur Bank Indonesia, Boediono terkait korupsi di Bank Century. Ketua KPK Abraham Samad mengungkapkan, saat ini lembaganya  tengah mengumpulkan bukti lain untuk memperkuatnya. Selain itu, KPK juga memerlukan waktu untuk merumuskan unsur delik yang tepat menjerat Boediono. (Baca: Saksi: Boediono Perintahkan Hapus Data Penilaian Bank Century)

“Jadi sama sekali tidak susah, cuma memang harus ada proses yang dilewati. Kalau menurut saya, melengkapi alat bukti ya istilahnya. (Kalau sudah melengkapi berarti ada alat bukti yang sudah ditemukan?) Iya, begitu, jadi tinggal melengkapi (bukti), terus merumuskan unsur-unsur deliknya, jadi butuh waktu itu. Karena kalau merumuskan unsur delik itu dia harus detail,” jelas Abraham di sela peluncuran di Museum Fatahillah, Jakarta (17/08).

Ketua KPK Abraham Samad menambahkan, saat ini pimpinan KPK masih menunggu persiapan Satuan Tugas Kasus Century untuk melakukan ekspose atau gelar perkara.

Sebelumnya, pada vonis terdakwa Budi Mulya dalam kasus pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik, nama Boediono dan sejumlah Dewan Gubernur Bank Indonesia serta Sekretaris Komite Stabilitas Sistem Keuangan disebut turut bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!