HEADLINE

Komnas HAM Tantang Sutiyoso Jelaskan Peristiwa Kudatuli

Anggota Komnas HAM, Maneger Nasution, mengatakan pihaknya siap membeberkan rekam jejak Sutiyoso selama di TNI.

AUTHOR / Rio Tuasikal

Calon Kepala BIN Sutiyoso. Foto: Antara
Calon Kepala BIN Sutiyoso. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menantang calon Kepala BIN Sutiyoso menjelaskan kasus penyerangan Kantor DPP PDI 27 Juli atau dikenal Kudatuli.

Saat itu, Sutiyoso menjabat sebagai Pangdam Jaya dan dituding terlibat penyerangan ke kantor PDI. Anggota Komnas HAM, Maneger Nasution, mengatakan pihaknya siap membeberkan rekam jejak Sutiyoso selama di TNI.


"Tentu itu kesempatan dia untuk menjelaskan. Karena pada persitiwa 27 Juli itu, dia sebagai Pangdam Jaya kan?" jelas Maneger kepada KBR, Sabtu (13/6/2015) sore.


Saat ini lembaganya sudah menyiapkan dokumen tersebut. Dokumen akan digunakan DPR untuk uji kelayakan dan kepatutan.


"Jadi beliau bisa menjelaskan ke publik, duduk persoalannya itu," tambahnya.


Anggota Komnas HAM, Maneger Nasution, juga mempertanyakan independensi Sutiyoso karena saat ini menjabat ketua partai. Terlebih lagi, partai PKPI yang dipimpinnya masuk koalisi Jokowi sehingga sangat mungkin Jokowi hanya bagi-bagi jatah saja.

Sementara itu DPR menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan Sutiyoso pekan depan. Fraksi PDI Perjuangan akan mempertanyakan kasus 27 Juli.



Editor: Quinawaty Pasaribu 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!