NASIONAL

Koalisi PDIP Tunjuk Mahfud Dampingi Ganjar

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, maka calon presiden yang dipilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD,”

AUTHOR / Heru Haetami

Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD
Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD usai pengumuman di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (10/20/23). (PDI Perjuangan)

KBR, Jakarta-  Koalisi PDI Perjuangan  menunjuk Menkopolhukam Mahfud MD sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

Keputusan itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, di Jakarta Hari ini.

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, maka calon presiden yang dipilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD,” kata Megawati, Rabu (18/10/2023).

Megawati mengaku, sebagai politikus yang memiliki latar belakang  punya pengalaman hidup dan politik yang cukup panjang, bukan perkara mudah untuk bisa mengambil keputusan tersebut.

Bekas Presiden RI itu mengaku menerima masukan dari seluruh ketua umum partai yang tergabung dalam koalisinya dan mendengarkan masukan para tokoh.

“Saya kontemplasikan siapa sosok yang tepat mendampingi Ganjar Pranowo,” katanya.

red

 Baca juga:

Saat menyampaikan sambutan Cawapres Mahfud MD mengatakan memiliki kedekatan dengan Ganjar sejak sama-sama menjadi anggota DPR pada 2004. Kedekatan dengan saling mengunjungi juga terjadi semenjak Mahfud menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi dan Ganjar menjadi Gubernur Jawa Tengah.

"Saya tahu persis Mas Ganjar adalah figur pemimpin yang merakyat dan berani. Berani memperbaiki yang bengkok-bengkok. Berani menerima kritik. Berani memperjuang nilai-nilai politik yang diyakini benar," ujar Mahfud MD.

Kata Mahfud, Ganjar berasal dari keluarga muslim yang taat. Sosok yang selalu berkomitmen menjalankan amanah yang diberikan.

"Amanat dari orang tuanya, amanat dari partainya, dan terutama dari rakyat," urai Mahfud MD.

Pengumuman Mahfud MD sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo dihadiri partai pengusung dari PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Perindo, dan Hanura. Pengumuman juga dihadiri relawan. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!