NASIONAL

Kiara: Tanggul Raksasa Hanya Batasi Ruang Gerak Nelayan Jakarta

"Pembangunan tanggul raksasa tidak akan berdampak baik untuk masyarakat, khususnya kalangan nelayan. Pembangunan tanggul raksasa hanya akan membatasi ruang gerak masyarakat pesisir beraktivitas."

Shafira Aurel

tanggul raksasa
Foto udara proyek reklamasi Teluk Jakarta, Sabtu (29/10/2016). (Foto: ANTARA/Zabur Karuru/pras).

KBR, Jakarta - Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menolak rencana program pembangunan tanggul raksasa.

Sekjen "Kiara", Susan Herawati menilai, pembangunan tanggul raksasa tidak akan berdampak baik untuk masyarakat, khususnya kalangan nelayan. Pembangunan tanggul raksasa hanya akan membatasi ruang gerak masyarakat pesisir beraktivitas.

"Yang sering kita lakukan adalah bagaimana mengingatkan pemangku kebijakan bahwa pembangunan giant sea wall itu tidak akan meminimalisir permasalahan banjir rob yang ada di Jakarta selama pengelolaan tata ruangnya di Jakarta ini masih buruk," ujar Susan Herawati, kepada KBR, Kamis (26/1/2023).

Susan mengingatkan, program pembangunan tanggul raksasa butuh dana besar, tapi hasilnya belum tentu efektif. Susan menyarankan Pemprov DKI mengalihkan rencana pembangunan tanggul raksasa kepada program lain saja. Misalnya dengan memperluas penanaman mangrove, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Baca juga:

- Peneliti Belanda: Tanggul Raksasa NCICD Tak Mampu Cegah Jakarta Tenggelam

- Reklamasi Distop, Gubernur Anies Pastikan Pembangunan Tanggul Darurat Berlanjut

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono segera membangun tanggul laut dan giant sea wall demi mengantisipasi banjir rob di Jakarta.

"Yang di (Jakarta) Utara banjir rob, baik dengan tanggul laut maupun dengan giant sea wall itu juga segera harus dimulai, saya sudah perintahkan ke Gubernur DKI," ujar Jokowi usai meninjau proyek sodetan Sungai Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT) di Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Sedangkan Pemprov DKI Jakarta juga sempat menyatakan, akan melanjutkan proyek pembangunan tanggul laut raksasa, untuk mengadang banjir besar menerjang kawasan daratan Ibu Kota. Tanggul raksasa itu akan dibangun di sepanjang kawasan pesisir utara Jakarta.

Editor: Fadli

  • tanggul raksasa
  • Kiara
  • nelayan jakarta
  • Susan Herawati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!