NASIONAL

Kemenkes: Ada 10 Laporan Kasus Keracunan Ciki Ngebul

"Laporan tersebut menyatakan kejadian yang dimaksud adalah luka bakar dingin atau cold burn pada kulit sebelum ciki ngebul dikonsumsi."

Astri Yuanasari

ciki ngebul
Ilustrasi Ciki Ngebul. (Foto: HO/Antara)

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan mencatat ada 10 kasus keracunan makanan dengan nitrogen cair atau "jajanan ice smoke" yang biasa disebut "ciki ngebul".

Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes, Anas Ma'ruf mengatakan, laporan pertama adalah dengan korban seorang anak di Ponorogo, Jawa Timur, pada Juli 2022.

Namun laporan tersebut menyatakan kejadian yang dimaksud adalah luka bakar dingin atau cold burn pada kulit sebelum ciki ngebul dikonsumsi.

Kemudian laporan dari Tasikmalaya, Jawa Barat pada November 2022, yang melaporkan Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan pangan.

"Di mana, di sana terjadi keracunan pangan terhadap 23 orang yang mengkonsumsi ciki ngebul. Dimana kemudian dalam perjalanannya setelah dilakukan investigasi atau penyelidikan epidemiologi itu dari 23 hanya 7 yang mengalami gejala, sedangkan yang 16 tidak mengalami gejala apa-apa. Nah gejalanya adalah mual muntah pusing sakit perut," kata Anas dalam keterangan pers, Kamis (12/1/2023).

Baca juga:

- 28 Anak Keracunan Jajanan Bernitrogren di Jabar

- Kaleisdokop Kesehatan 2022: Ratusan Anak Meninggal Akibat Penyakit Ginjal Akut

Anas menambahkan, selanjutnya pada Desember 2022 terdapat laporan yang datang dari RS Haji Jakarta Timur, yakni anak laki-laki berumur 4 tahun yang datang dengan keluhan nyeri perut hebat setelah memakan snack "ciki ngebul".

Dan yang terakhir baru diterima hari ini (12/1) yakni kasus di daerah Jawa Timur, yang saat ini masih dilakukan investigasi.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji, yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada 6 Januari 2023.

Dalam surat edaran tersebut, Kemenkes meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul yang banyak dijual. Hal ini dilakukan untuk mencegah kasus keracunan pangan yang lebih parah akibat konsumsi nitrogen cair yang berlebihan.

Editor: Fadli

  • ciki ngebul
  • kemenkes
  • nitrogen cair

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!