NASIONAL

Katadata: Pembelian Saham Newmont Lebih Optimal Dilakukan BUMN

Lembaga Analisis Katadata menilai pembelian 7 persen saham divestasi PT Newmont lebih optimal dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

AUTHOR / Indra Nasution

Katadata: Pembelian Saham Newmont Lebih Optimal Dilakukan BUMN
Katadata, Pembelian Saham Newmont, BUMN

KBR68H, Jakarta - Lembaga Analisis Katadata menilai pembelian 7 persen saham divestasi PT Newmont lebih optimal dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Katadata Heri Susanto mengatakan, pembelian melalui BUMN tak membutuhkan persetujuan DPR karena tak menggunakan dana APBN. Selain itu dana yang dimiliki konsorsium 6 BUMN dinilai cukup untuk membeli saham PT Newmont.

"Selama ini pemerintah lambat untuk mengambil keputusan untuk membeli saham newmont sehingga kesempatan kita sering kehilangan momentum saat harga emas naik, di sisi lain, pergantian pejabat Menteri Keuangan membuka peluang baru bagi pemerintah, untuk membeli 7 persen saham newmont, kemudian opsi pembelian yang paling optimal oleh konsorsium BUMN," kata Heri di kantornya

Direktur Katadata Heri Susanto menambahkan, pembelian 7 persen sisa saham newmont patut diperjuangkan karena memiliki nilai strategis dan menjanjikan bagi keuntungan negara. Di antaranya cadangan emas yang dimiliki Newmont masih cukup besar dan berpotensi akan terus bertambah.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!