NASIONAL

Kasus COVID-19 di Jakarta Meningkat, 12 Pasien Dirawat di ICU

Hari ini ada 44 pasien COVID-19 yang sedang dirawat di rumah sakit

AUTHOR / Hoirunnisa

Muhadjir Effendy
Ilustrasi. Ruang isolasi pasien COVID-19. (Foto: antaranews)

KBR, Jakarta - Kasus konfirmasi COVID-19 di Jakarta terus meningkat. Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan Jakarta Ngabila Salama menyebut, ada 131 kasus baru pada 13 Desember 2023.

Tren kenaikan kasus itu meningkat dari 127 kasus pada 12 Desember dan 57 kasus pada 11 Desember.

Ngabila mengatakan, hari ini ada 44 pasien COVID-19 yang sedang dirawat di rumah sakit. Dari jumlah itu, 32 pasien bergejala dirawat di ruang isolasi dan 12 pasien di ruang intensive care unit atau ICU.

Ngabila menyebut keterisian tempat tidur khusus COVID-19 masih di bawah 5 persen.

Dia mengatakan, cakupan vaksinasi harus ditingkatkan untuk mencegah tingkat keparahan dan penularan.

"Dari sekitar 8,4 juta target pemberian dosis 1 sampai 4 usia 18 tahun ke atas di DKI Jakarta, saat ini cakupan dosis 4 baru tercapai 10 persen. Kami mengimbau masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi," kata Ngabila kepada KBR, Rabu (13/12/2023).

"Ada beberapa hal yang perlu diketahui. Yang pertama prinsip vaksinasi lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali. Dan vaksinasi terbukti sangat efektif untuk mencegah keparahan dan kematian COVID-19 terutama terutama untuk kelompok berisiko tinggi yang meninggal seperti pra-lansia di atas 50 tahun, belum pernah lengkap vaksinasi, hipertensi, kencing manis, stroke, penyakit jantung, dan penyakit ginjal kronis, kanker, TBC, HIV, dan imun defisiensilainnya," kata dia.

Ngabila mengingatkan jeda dosis satu ke dosis dua yakni satu bulan, kemudian dosis dua ke dosis tiga selama tiga bulan, kemudian dosis tiga ke dosis empat selama enam bulan.

"Fasilitas kesehatan DKI Jakarta bisa menyuntikan vaksin untuk KTP seluruh Indonesia, dan jika jeda sudah lama tidak perlu lagi diulang, bisa langsung dilanjutkan ke dosis berikutnya," kata Ngabila.

Baca juga:

Sementara itu, Kementerian Kesehatan melaporkan kasus aktif COVID-19 di Indonesia mencapai lebih 6 ribuan pasien. Jumlah itu meningkat 0,1 persen dalam sepekan terakhir.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!