NUSANTARA

Kampanye Perdana, Partai Buruh Tuntut UMK 27 Kab/Kota Tak Diubah

Persentase itu mendekati target dari Partai Buruh, yakni kenaikan UMK 2024 sebesar 15 persen.

AUTHOR / Arie Nugraha

Kampanye Perdana, Partai Buruh Tuntut UMK 27 Kab/Kota Tak Diubah
Ilustrasi: Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat memimpin aksi demo buruh beberapa waktu lalu. Foto: partaiburuh.or.id

KBR, Bandung- Partai Buruh bergabung dengan ribuan buruh untuk berunjuk rasa di depan kantor gubernur Jawa Barat, Selasa, 28 November 2023. Aksi itu dilakukan bertepatan dengan hari pertama masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tuntutan mereka adalah, kenaikan besaran upah minimum kota dan kabupaten (UMK) yang diajukan 27 pemerintah daerah tidak diubah.

Menurut Presiden Partai Buruh Said Iqbal, UMK 2024 yang diajukan 27 kepala daerah di Jawa Barat besarannya 10-14,2 persen. Persentase itu mendekati target dari Partai Buruh, yakni kenaikan UMK 2024 sebesar 15 persen.

"Di Kabupaten Bekasi (kenaikan UMK, red) 13,99 persen, di Kota Bekasi 14,2 persen. Di Majalengka, Karawang, Bandung Raya (terdiri) Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Sukabumi, Kuningan, Cirebon dan kota-kota industri lainnya di Jawa Barat naiknya rerata 12-14 persen," ujar Said, Bandung, Selasa, 28 November 2023.

Said menuntut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, tidak mengubah hasil final besaran UMK 2024 yang telah ditetapkan masing-masing kepala daerah.

Apabila tuntutan kelompok buruh tidak dipenuhi, Said mengatakan, seluruh buruh di Jawa Barat akan mogok kerja serentak.

"Jika UMK se-Jawa Barat berubah dari yang direkomendasikan oleh bupati dan wali kota, bisa dipastikan mogok daerah se-Jawa Barat, mogok daerah se- Indonesia, jutaan buruh akan turun dan tiga hari berturut-turut kantor gubernur yaitu Gedung Sate akan dikepung oleh kaum buruh," kata Said.

Said menyebutkan, aksi serupa tengah dilakukan kelompok buruh di berbagai daerah, seperti di DKI Jakarta yang terpusat di kantor gubernur DKI Jakarta. Ada pula aksi ribuan buruh se-Provinsi Jawa Tengah di kantor gubernur, Provinsi Banten, dan sejumlah aksi di Jawa Timur.

"Hari ini, buruh akan demo serentak di seluruh kantor bupati dan wali kota di Jatim. Pada 30 November 2023 dilakukan di kantor gubernur Jatim. Tidak hanya di Jawa Barat, aksi juga dilakukan serentak di berbagai daerah di Indonesia. Kita akan terus memperjuangkan kenaikan upah yang manusiawi," ungkap Said.

Harga Kebutuhan Masyarakat Naik

Said menyebut, tuntutan kenaikan UMK 2024 sebesar 15 persen kepada pemerintah adalah masuk akal.

Hal itu mengacu berbagai harga kebutuhan yang kini melambung tinggi. Kenaikan harga barang-barang sejalan dengan inflasi makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat berdasarkan data BPS, yakni sekitar 25 persen.

"Ini bukan inflasi umum, tetapi inflasi kebutuhan pokok yang paling sering dikonsumsi warga. Beras dan minyak goreng naik 30 persen. Transportasi naik 25 persen. Dan sewa rumah naik 50 persen. Maka, untuk mengejar kenaikan tersebut, haruslah menggunakan alpha yang masuk akal," terang Said.

Said menegaskan, kenaikan besaran UMK 2024 itu relevan, karena saat ini Indonesia adalah negara berpenghasilan menengah atas dengan penghasilan per kapita mendekati Rp5,6 juta.

Sementara itu upah minimum di DKI dan Bekasi sekitar Rp4,9 juta. Karena itu, kenaikan upah minimum sebesar 15 persen, sangat relevan, agar upah minimum mendekati pendapatan per kapita.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!