NASIONAL

Kaesang, Anak Bungsu Presiden Jokowi Muncul ke Publik, setelah...

KPK mengeklaim saat ini belum mengetahui keberadaan Kaesang.

AUTHOR / Hoirunnisa, Shafira Aurel

EDITOR / Sindu

Kaesang, Anak Bungsu Presiden Jokowi Muncul ke Publik, setelah...
Ilustrasi: Kaesang Pangarep saat bersama bapaknya, yang juga Presiden RI Joko Widodo. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep akhirnya muncul ke publik setelah diisukan menghilang usai polemik jet pribadi mencuat.

Kemarin malam, (04/09), putra bungsu Presiden Joko Widodo ini menghadiri rapat di kantor DPP PSI, Jakarta. Usai rapat, Kaesang enggan melayani pertanyaan awak media. Ia hanya menyapa dan mengaku dalam kondisi sehat, kemudian masuk mobil untuk meninggalkan kantor PSI.

"Izin balik (pulang) dulu, ya, terima kasih semua," ujar Kaesang kepada wartawan, Rabu malam, (4/9/2024).

Membantah

Sementara itu, anggota Dewan Pembina DPP PSI Isyana Bagoes Oka mengungkap rapat yang digelar sejak Rabu sore tersebut merupakan rapat koordinasi rutin.

Ia membantah, ada pembahasan soal polemik fasilitas jet pribadi yang digunakan Kaesang dan istrinya, Erina Gudono saat ke Amerika Serikat. Isyana lantas meminta awak media menanyakan soal fasilitas yang diduga sebagai gratifikasi itu kepada Kaesang.

"(Rapat) koordinasi, ya, ini rapat rutin kok, rapat rutin. Ini rapat rutin tentang PSI. Makasih, ya, teman-teman," kata Isyana kepada wartawan dalam kesempatan sama.

KBR telah berusaha menghubungi sejumlah politikus PSI mulai dari Raja Juli, Giring Ganesha, dan Faldo Maldini. Namun, hingga berita ini ditayangkan pihak PSI masih belum merespons permintaan wawancara dari KBR.

Sebelumnya, fasilitas jet pribadi yang digunakan Kaesang dan istri saat bepergian ke Amerika Serikat, diduga gratifikasi, sehingga publik mendorong KPK mengusutnya.

KPK Abaikan Kasus Jet Pribadi Kaesang?

Pekan ini, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sementara, Nawawi Pomolango membantah sengaja mengabaikan kasus jet pribadi yang ditumpangi Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono saat ke Amerika Serikat.

Kata dia, KPK sudah menyiapkan pemanggilan kepada pihak-pihak yang terkait. Pemanggilan bertujuan untuk mengklarifikasi dugaan gratifikasi fasilitas jet pribadi kepada Kaesang, anak bungsu Presiden Jokowi.

"Kemarin saya sudah meminta jawaban dari Direktorat Direktur LHKPN. Yang bersangkutan sementara rapat untuk siapa saja yang mau dipanggil untuk diklarifikasi. Kita punya protap dalam kaitannya dengan penanganan ini. Dan saya pikir ini berjalan sesuai semestinya," ujar Nawawi di Kompleks Parlemen, Selasa, (3/9).

"Apakah pemanggilan ini disengajakan sampai dengan pergantian pimpinan?" tanya wartawan.

"Tidak akan," jawab Nawawi.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sementara, Nawawi Pomolango mengeklaim tidak ada perlakukan spesial kepada Kaesang, yang juga ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Semua sama di mata hukum," ucapnya.

Selain itu, KPK mengeklaim saat ini belum mengetahui keberadaan Kaesang.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!