NASIONAL

Jokowi: Kerja Sama Investasi ASEAN dan Mitra Tembus 580T

Semoga ikhtiar kita dapat memberikan manfaat yang besar bagi rakyat di kawasan dan dunia," kata Jokowi pada acara pembukaan ASEAN Indo-Pacific Forum di Jakarta, Selasa (5/9/23).

AUTHOR / Astri Septiani

 Jokowi: Kerja Sama Investasi ASEAN dan Mitra Tembus 580T
Presiden Jokowi berfoto bersama Pemimpin negara saat pembukaan KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta, Selasa (05/09/23). (Antara/Akbar Nugroho)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengapresiasi dukungan dan kontribusi dari negara ASEAN dan mitra ASEAN.

Jokowi menyebut hingga saat ini telah terkumpul 93 proyek kerjasama senilai US$ 38,2 miliar atau sekitar Rp580 triliun. Sementara itu, kata dia, ada juga 73 proyek potensial senilai US$ 17,8 miliar atau sekitar Rp270 triliun.

Apresiasi tersebut disampaikan Jokowi saat pembukaan ASEAN Indo-Pacific Forum di Jakarta.

"Ini mencerminkan komitmen kita to walk the talk membangun indopasifik yang damai, yang stabil dan yang makmur. Semoga ikhtiar kita dapat memberikan manfaat yang besar bagi rakyat di kawasan dan dunia," kata Jokowi pada acara pembukaan ASEAN Indo-Pacific Forum di Jakarta, Selasa (5/9/23).

Baca juga:

- Jokowi Bantah Perpecahan ASEAN

Jokowi menyebut di tengah melemahnya ekonomi dunia, ASEAN terbukti tangguh dan terus tumbuh melebihi pertumbuhan ekonomi global dan kawasan lainnya.

Menurut Jokowi, dengan populasi sebesar 680 juta jiwa, ASEAN juga merupakan pasar yang potensial dengan peluang investasi yang menjanjikan. Ia menegaskan bahwa kawasan ASEAN tidak kebal dari berbagai tantangan global dan rivalitas geopolitik yang menajam, khususnya potensi konflik di Indopasifik.

Jokowi mengajak dalam forum KTT ASEAN Indo-Pacific bisa hadir untuk mengubah rivalitas di kawasan indopasifik menjadi kerja sama yang bermanfaat.

"Serta membangun habit of cooperation yang win-win formula tanpa satupun merasa dikucilkan," tutupnya.

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!