NASIONAL

Jokowi: Jalan-jalan di Seluruh Provinsi Banyak Perlu Perbaikan

"Presiden menyebut, pemerintah pusat dan daerah akan mengerjakan perbaikan jalan secara bersama-sama."

AUTHOR / Heru Haetami

jalan-jalan
Rombongan Presiden Joko Widodo saat melintas di jalan rusak di Jambi (16/5/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden RI)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa jalan-jalan di seluruh provinsi di tanah air masih banyak yang memerlukan penanganan perbaikan jalan.

Itu disampaikan Jokowi usai meninjau ruas Jalan Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (16/5/2023).

Jokowi juga mengatakan, pemerintah pusat bakal mengambil alih perbaikan jalan yang semestinya jadi tanggung jawab daerah tersebut.

"Ini seharusnya dikerjakan daerah semua, provinsi sendiri, kabupaten sendiri. Tapi karena memang jalan yang di seluruh Tanah Air yang bagiannya kabupaten/kota dan provinsi ini tadi saya sampaikan separuhnya, ya dikerjakan bareng-bareng belum tentu selesai, mungkin ini dalam waktu dua tahun tiga tahun kita akan kejar secepatnya," ujar Presiden.

Jokowi mengungkapkan, beberapa ruas jalan yang membutuhkan perbaikan itu berdasarkan data-data yang berasal dari Kementerian PUPR juga data yang dia miliki dari laporan masyarakat.

Presiden menyebut, pemerintah pusat dan daerah akan mengerjakan perbaikan jalan secara bersama-sama.

Jokowi memastikan, pemerintah akan melakukan perbaikan sejumlah jalan dalam beberapa waktu ke depan, utamanya perbaikan jalan produksi dan jalan logistik. "Akan kita mulai perbaikannya nanti bulan Juli, bulan Agustus," kata Jokowi.

Ambil Alih

Di Provinsi Jambi, Presiden Joko Widodo menegaskan, pemerintah akan mengambil alih sejumlah perbaikan jalan provinsi dan kabupaten di Jambi. Jokowi menyampaikan hal itu, usai meninjau ruas Jalan Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam di Kabupaten Muaro Jambi, hari ini.

"Yang tadi itu jalan kabupaten, yang ini jalan provinsi. Ini juga akan diambil alih oleh pusat dan segera juga dikerjakan. Karena kalau nggak, yang namanya jalan logistik itu sangat penting sekali, yang namanya jalan produksi itu sangat penting sekali sehingga itu yang didahulukan, apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan," ucapnya.

Baca juga:

- Jokowi Memerintahkan Percepatan Pembangunan Jalan di Daerah

- Jokowi Targetkan LRT Jabodebek Beroperasi di Juli 2023

Presiden mencontohkan, panjang jalan kabupaten dan kota di Jambi sekitar 10 ribu kilometer. Sedangkan yang rusak hampir separuhnya. Jokowi memastikan, mulai Juli nanti, pemerintah akan segera memperbaiki jalan-jalan yang rusak di Jambi. Terutama, jalan-jalan yang berkaitan dengan akses produksi dan logistik.

Editor: Fadli

  • Jalan Rusak
  • Jalan Provinsi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!