NASIONAL

Jemaat Filadelfia Gelar Ibadah Natal Seberang Istana

Jemaat HKBP Filadelfia Bekasi, Jawa Barat akan menggelar misa natal pada pukul 13.00 WIB di depan Istana Merdeka.

AUTHOR / Khusnul Khotimah

Jemaat Filadelfia Gelar Ibadah Natal Seberang Istana
Misa Natal, Filadephia, Ibadah Seberang Istana

KBR, Jakarta - Jemaat HKBP Filadelfia Bekasi, Jawa Barat akan menggelar misa natal pada pukul 13.00 WIB di depan Istana Merdeka.

Pimpinan Jemaat HKBP Filadelfia, Palti Panjaitan berharap Presiden Jokowi dapat memantau perayaan mereka, meskipun sedang tidak berada di Istana Merdeka, Jakarta. Selain itu, jemaat juga berharap pemerintah tunduk pada putusan hukum yang sudah berkekuatan hukum tetap.

“Persiapan tidak banyak, hanya mengerahkan jemaat untuk hadir di sana. Dan nanti akan ada perjamuan kudus pada misa natal depan istana. Kalau dari HKBP Filadelfia sendiri ada sekira 200-250 orang, “ kata Pimpinan Jemaat HKBP Filadelfia, Bekasi, Jawa Barat Palti Panjaitan dalam Program Sarapan Pagi KBR.

Pendeta Palti Panjaitan mengatakan, tadi malam tak ada perayaan misa natal di gereja karena tak ada yang bisa menjamin keamanan para jemaat  di sana.

Ibadah di seberang istana ini sudah memasuki tahun ketiga. Jemaat HKBP Filadelfia sebetulnya masih punya gereja mereka sendiri di Desa Jejalen Jaya, Tambun, Bekasi. Tapi sejak Februari 2012, mereka sudah melangsungkan ibadah di depan istana. Ini adalah buntut dari pembangkangan Bupati Bekasi terhadap keputusan izin pembangunan gereja yang sudah disahkan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung pada September 2010 dan Mahkamah Agung pada Juni 2011.

Editor: Sutami

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!