NASIONAL

Jemaah Haji Bersiap Pulang, Dilarang Bawa Zamzam di Koper

Jemaah akan mendapatkan 1 botol air zamzam berukuran 5 liter yang akan dibagikan setibanya di asrama haji.

AUTHOR / Hoirunnisa

EDITOR / Wahyu Setiawan

Jamaah haji Indonesia
Jemaah haji Indonesia SOC 2 bersiap untuk diberangkatkan ke Madinah di Makkah, Arab Saudi, Jumat (21/6/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

KBR, Jakarta - Jemaah haji Indonesia gelombang pertama bersiap untuk kembali ke tanah air. Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda mengatakan jemaah haji yang akan pulang diimbau untuk memperhatikan beban bawaan masing-masing agar tidak melebihi kapasitas.

"Bagi jemaah yang akan kembali ke tanah air, PPIH Arab Saudi akan melakukan penimbangan koper bawaan jemaah terdahulu. Sebelum puncak haji, ada enam kloter yang telah melakukan penimbangan koper, mereka adalah jemaah yang akan pulang perdana ke tanah air. Koper bagasi jemaah maksimal 32 kilogram," kata Widi dalam keterangan pers, Jumat (21/6/2024).

Widi mengingatkan agar jemaah haji tidak membawa barang-barang yang dilarang saat pulang, seperti air zamzam dalam kemasan apapun, uang tunai lebih dari Rp100 juta atau 25 ribu riyal, hingga senjata api dan tajam.

Jika jemaah haji terbukti membawa air zamzam ke dalam koper, akan disita.

Widi mengatakan jemaah akan tetap mendapatkan jatah air zam-zam setibanya di Indonesia.

"Jemaah akan mendapatkan 1 botol air zamzam berukuran 5 liter yang akan dibagikan setibanya di asrama haji di Indonesia. Karenanya jemaah diimbau menaati semua peraturan yang berlaku," kata Widi.

Untuk jemaah haji gelombang kedua, akan berangkat ke Madinah untuk melakukan ibadah sunah lainnya di sana.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!