NASIONAL

Istana: Acara Peringatan HUT RI Lebih Meriah Dibanding Tahun Lalu

“Lebih banyak masyarakat yang dilibatkan terutama di Monas dan juga tadi kan ada beberapa musik yang mengajak kita bergembira,"

AUTHOR / Astri Septiani

HUT RI
Lomba sepakbola menggunakan terong sambut HUT RI di Ternate, Senin, (14/8/2023). (FOTO:Antara/Andri Saputra).

KBR, Jakarta - Istana sedang mempersiapkan sejumlah rangkaian acara peringatan HUT ke-78 Indonesia tahun ini agar semakin meriah. Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, sejumlah acara yang dipersiapkan akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.

“Lebih banyak masyarakat yang dilibatkan terutama di Monas dan juga tadi kan ada beberapa musik yang mengajak kita bergembira, berdendang bersama. Jadi saya rasa ini akan menarik sekali pada saatnya nanti. Dan juga demo udaranya lebih panjang, lebih banyak variasi dari pesawat-pesawat yang hadir di Istana ini,” kata Bey di Istana Merdeka, Minggu (13/8/23).

Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, peringatan HUT RI tahun ini mengusung tema Ibu Kota Nusantara (IKN). Kata dia, akan ada ornamen-ornamen pelengkap dekorasi di Istana Merdeka yang menunjukkan semangat IKN.

Baca juga:

Istana juga mengundang masyarakat umum untuk menyaksikan langsung rangkaian upacara peringatan 17 Agustus 2023. Adapun kuota yang disediakan pemerintah sebanyak 8.000 orang. Pemerintah juga memfasilitasi penyaksian acara peringatan Kemerdekaan RI ini secara daring melalui YouTube Sekretariat Presiden maupun media televisi.

Pada rangkaian acara peringatan HUT RI tahun ini akan ada upacara pengibaran bendera Merah Putih peringatan detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera Merah Putih pada sore hari.

Kemarin, persiapan peringatan HUT RI telah memasuki gladi kotor kirab budaya dari Monumen Nasional (Monas) hingga persiapan upacara di Istana Merdeka.

Baca juga:

Sebelumnya, sebanyak 10 pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara 3 dan Skuadron Udara 14 Lanud Iswahjudi Madiun mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama R. Agung Sasongkojati dalam keterangan resminya mengungkap, sepuluh pesawat tempur itu akan memeriahkan perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

"Saat demo udara nantinya, flight burung-burung besi F-16 TNI AU yang semua sudah di-upgrade dengan sistem avionik dan senjata udara modern ini akan melaksanakan flypast dan terbang formasi di atas Istana Negara," ujarnya

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!