Article Image

NASIONAL

Inspirasi Bisnis dari Cokelat nDalem

"Cokelat nDalem oleh-oleh khas Yogyakarta mencoba mengenalkan budaya lewat produk-produknya. "

Selasa 17 Jan 2023, 13.20 WIB

KBR, Jakarta - Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang kental dengan budaya Jawa. Ini menginspirasi Wednes Aria Yuda dan Meika Hazim, pasangan suami-istri, dalam mengembangkan Cokelat nDalem.

Jenama (brand) ini mereka rintis pada 2013 yang berpusat di Yogyakarta. Produk cokelat jadi pilihan berdasarkan hasil riset kecil-kecilan di Twitter. Mereka mencari tahu oleh-oleh khas Yogya yang digemari warganet. 

“Ketemu tiga kata kunci besar, pertama bakpia, kedua gudeg, ketiga ternyata cokelat,” kata Yuda.

Istri Yuda, Meika Hazim, yang juga seorang wirausaha, mencetuskan ide membuat cokelat produksi rumahan. Itu mengapa nama nDalem dipilih, karena dalam Bahasa Jawa, 'ndalem' berarti rumah.

“Rumah itu bukan bangunan fisik ya, bukan rumah fisiknya tapi feels-nya, ndalem itu rasa homie-nya,” jelasnya.

Cokelat nDalem mengusung citarasa lokal yang dituangkan dalam produk cokelat. Rasanya pun unik, misalnya ada rasa wedang ronde, bajigur, sampai wedang uwuh.

“Kita pengin membuat suatu yang khasnya Yogyakarta sehingga ada uniqueness tersendiri di cokelat kita,” tutur Yuda.

Baca juga: 

Inspirasi Bisnis dari Eboni Watch

Tren Merawat Kulit, Momen Bisnis Skincare Lokal Unjuk Gigi

Wednes Aria Yuda menyebut kedekatan dengan budaya Jawa mendorongnya membuat produk rumahan dengan citarasa lokal. (Foto: Dok pribadi)

Cokelat nDalem memanfaatkan story telling untuk memasarkan produk sekaligus edukasi. Mereka mengemas tiap produk cokelat dengan balutan budaya Jawa. Bungkusnya diperkaya dengan gambar batik dan wayang  Cokelat yang erat kaitannya dengan budaya Jawa. 

“Menggunakan ilustrasi ala Jawa, mulai dari batik tradisional, wayang yang konvensional. Kita pengin bikin sesuatu yang unique, khasnya Ndalem menggabungkan antara cerita Jawa, tapi dengan budaya populer,” terangnya.

Dalam mengembangkan produknya, Coklat nDalem juga ikut memberdayakan para petani lokal, terutama petani kakao yang ada di Gunung Kidul.

Dengarkan kisah lengkap Wednes Aria Yuda membangun bisnis cokelat miliknya di Uang Bicara episode “Inspirasi Bisnis dari Cokelat nDalem” di KBR Prime, Spotify, Google Podcast, dan platfrom mendengarkan podcast lainnya.