NUSANTARA

Induk Harimau Ditemukan Mati Terjerat di Aceh Selatan

"Harimau yang mati itu berjenis kelamin betina berusia dewasa yang diperkirakan sekitar 7 tahun. "

Harimau mati di Aceh Selatan
Bangkai induk harimau Sumatra di kawasan Gunung Lhok Siron, Kabupaten Aceh, Selatan, mati akibat terlilit jerat. (BKSDA Aceh)

KBR, Aceh-  Seekor induk harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) ditemukan menjadi bangkai di kawasan Gunung Lhok Siron, Desa Buket Meuh, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh, Selatan, Aceh. Satwa liar itu terlilit jerat kawat jenis aring yang biasanya digunakan warga untuk menangkal hama babi.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Gunawan Alza mengatakan, berdasarkan hasil nekropi atau bedah bangkai harimau yang dilakukan tim dokter dan ahli hewan, penyebab kematian tersumbatnya sirkulasi pernafasan lantaran tercekit jerat. 

Kata Dia, BKSDA sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian Polres Aceh Selatan untuk pengungkapan kasus tersebut.

’’Di sana memang ada ditemukan harimau mati. Kemudian ada jerat yang melekat di lehernya. Biasanya itu digunakan untuk menjerat babi, karena itu berada di kebun masyarakat,” ungkap Gunawan, Senin (13/3).

Baca juga:

Kepala BKSDA Aceh, Gunawan Alza menjelaskan, harimau yang mati itu berjenis kelamin betina berusia dewasa yang diperkirakan sekitar 7 tahun. Dengan berat 80 Kilogram dengan panjang 220 Centimeter dan tinggi 82 Centimeter.


”Tim medis juga mengambil sampel jaringan otak untuk pemeriksaan CDV dan DNA. Termasuk isi saluran cerna ikut diambil untuk melihat potensi lain kematian harimau, ” terang Gunawan.

Editor: Rony Sitanggang

  • satwa dilindungi
  • aceh
  • harimau mati
  • BKSDA Aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!