NASIONAL

HUT Ke-78 TNI, Jokowi Ingatkan Netralitas

"Beda pilihan itu wajar, menang dan kalah itu juga wajar. tetap jaga sinergitas dengan Polri dan tetap jaga netralitas TNI,"

AUTHOR / Heru Haetami

HUT TNI
Presiden Jokowi saat Upacara Peringatan Ke-78 Hari TNI di Monas, Jakarta, Kamis (05/10/23). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengingatkan TNI untuk tetap menjaga netralitas dan stabilitas politik menjelang Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Jokowi dalam Upacara Peringatan Ke-78 Hari Tentara Nasional Indonesia Tahun 2023, Jakarta, 5 Oktober 2023.

Jokowi juga meminta agar TNI turut mencegah perpecahan akibat kontestasi demokrasi itu.

"Kita ini telah memasuki tahun politik. Saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun. Berikan pemahaman pada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang dan kalah itu juga wajar. tetap jaga sinergitas dengan Polri dan tetap jaga netralitas TNI," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta aparat TNI agar tetap memelihara watak ksatria dan menjadikan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sebagai pegangan dalam bertindak.

Baca juga:

Melalui media sosialnya Presiden Jokowi mengatakan Tentara Nasional Indonesia selalu menjadi garda terdepan menghadapi setiap ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang dihadapi bangsa ini. 

Kata dia,  sebagai patriot NKRI, dalam memasuki tahun politik ini, TNI juga adalah pengawal demokrasi untuk Indonesia maju.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!