NUSANTARA

Hadiri Undangan Seminar di Undar Jombang, Rocky Gerung Didemo

Ketua Pelaksana Seminar Nasional, Muhammad Satrio Qolbi Seto, mengatakan seminar ini sengaja mengundang beberapa tokoh nasional yang dikenal karena pemikiran kritis dan independen.

AUTHOR / Muji Lestari

Rocky Gerung
Aksi menolak Rocky Gerung di depan kampus Universitas Darul Ulum, Jombang, Jawa Timur, Selasa (1/8/2023). (Foto: KBR/Muji Lestari)

KBR, Jombang - Belasan orang mengatas namakan Pejuang Nusantara Indonesia Berdiri (PNIB) menggelar aksi demo di depan Kampus Universitas Darul Ulum (Undar) di Jombang, Jawa Timur, Selasa (1/8/2023).

Demonstrasi dilakukan untuk menolak kedatangan pengamat politik Rocky Gerung yang akan mengisi sebuah acara seminar di perguruan tinggi itu. Para pedemo melakukan orasi secara bergantian sembari membentangkan spanduk penolakan.

Orasi dilakukan berpindah-pindah. Pertama dilakukan di depan kampus, kemudian bergeser ke gerbang sisi timur dan kembali ke depan lagi.

Meski begitu, Rocky Gerung berhasil lolos dari hadangan pendemo dan masuk dengan aman ke Kampus Undar.

Kedatangan Rocky Gerung itu langsung disambut para mahasiswa dan jajaran rektorat Undar.

Dalam aksinya, pedemo menyebut Rocky Gerung bukan seorang intelektual namun perusak demokrasi. Salah satu pendemo, Abdul Rozak meminta Rocky Gerung dicekal.

"Menjaga marwah Jawa Timur, Jombang. Hari ini Rocky Gerung perusak bangsa sang peroboh martabat bangsa, menodai Kota Jombang yang melahirkan republik ini. Kita disini tertolak, kita aksi penolakan. Rocky Gerung hadir disini kita hormati, karena dibackup oleh bapak-bapak polisi Polres Jombang. Silahkan acara ini dilanjutkan, kita hanya meminta Rocky Gerung dicekal dan dibatalkan mengisi kegiatan ini," kata Rozak di depan kampus Undar, Jombang, Selasa (1/8/2023).

Baca juga:


Aksi ini mendapat pengawalan ketat polisi. Petugas tak mengijinkan pendemo masuk ke lokasi seminar agar tidak mengganggu jalannya seminar.

Ketua Pelaksana Seminar Nasional, Muhammad Satrio Qolbi Seto, mengatakan seminar ini sengaja mengundang beberapa tokoh nasional yang dikenal karena pemikiran kritis dan independen.

Selain Rocky Gerung, seminar ini juga menghadirkan, Saut Situmorang (Ketua KPK 2015-2019), Andi Sinulingga (Inisiator Kolaborasi Jakarta), Habil Marati serta Akiro Balya WR (Presiden Mahasiswa Undar).

"Tujuannya membangun pola pikir merdeka untuk mencapai keadilan sosial. Target seminar ini seribu peserta. Semua kalangan, termasuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, diundang untuk menghadiri acara ini secara gratis," kata Satrio.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!