NASIONAL

Gerindra Siapkan Nama-Nama Pengganti Ahok

KBR, Jakarta - Partai Gerindra akan mengajukan nama calon wakil gubernur Jakarta untuk menggantikan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok.

AUTHOR / Guruh Dwi Riyanto

Gerindra Siapkan Nama-Nama Pengganti Ahok
gerindra, ahok, wakil gubernur, gubernur DKI, jokowi

KBR, Jakarta - Partai Gerindra akan mengajukan nama calon wakil gubernur Jakarta untuk menggantikan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Ini karena Ahok akan menjabat Gubernur ibukota setelah Joko Widodo mengundurkan diri dari kursi nomor satu DKI.

Ketua Gerindra Jakarta Muhammad Taufik mengatakan, partainya berhak mengusung nama untuk dipilih DPR Jakarta karena ikut memenangkan pilkada Jakarta 2012. (Baca: Ahok Libatkan Warga Menata Jakarta).

"Diusulkan oleh partai pengusung, dipilih oleh DPRD. Kalau ada satu yang disepakati dua partai ya satu, kalau tidak ada kesepakatan ya masing-masing barangkali mencalonkan, punya hak. Koalisi Merah-Putih sampai saat ini solid, 57 kursi. Akan dikerahkan di DPRD Jakarta untuk mendukung calon dari Gerindra? Bukan saja calon di DPRD saja, tapi pada aspek-aspek lain untuk membangun masyarakat Jakarta kita solid," kata Ketua DPD Gerindra Jakarta Muhamamad Taufik ketika dihubungi KBR, Sabtu (23/04).

Ketua DPD Gerindra Jakarta Muhamamad Taufik menambahkan, PDI-P tidak memiliki hak mutlak untuk menentukan calon untuk menduduki kursi wakil gubernur DKI.

Sebelumnya, Wasekjen PDIP Achmad Basarah ngotot agar calon wakil gubernur pengganti Ahok ditentukan partainya. Sebab, Gerindra sudah menempatkan Ahok sebagai Gubernur jika Gubernur Joko Widodo mundur untuk menjabat presiden. pasalnya, kedua partai, yaitu PDIP dan Gerindra berkoalisi dalam memenangkan Jokowi-Ahok dalam pemilukada Jakarta 2012.

Editor: Rony Rahmatha

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!