NASIONAL

FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U20, Begini Harapan Gibran

""Jadi tuan rumah laga final pun sudah sangat siap. Pokoknya tugas saya sudah selesai.""

AUTHOR / Yudha Satriawan

Israel
Piala Dunia U-20, Menpora Zainudin Amali, Ketum PSSI Erick Thohir, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming tinjau kesiapan Stadion Manahan Solo di Jateng. (Antara)

KBR, Solo– Pemerinta Kota Solo, Jawa Tengah,  masih menunggu instruksi pemerintah dan PSSI terkait langkah selanjutnya pascapembatalan drawing atau pengundian pengundian grup Piala Dunia U20 di Bali. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan proses persiapan venue Piala Dunia U20 di Solo hampir selesai pekan ini. 

Gibran berharap Piala Dunia U20 di Indonesia tetap berjaan sesuai jadwal.

" Ya kita tunggu saja informasj resmi dari PSSI dan FIFA. Yang saya tahu kan hanya pembatalan drawing. Solo sudah sangat siap. Sabtu kemarin kan juga sudah dicek akhir FIFA. Jadi tuan rumah laga final pun sudah sangat siap. Pokoknya tugas saya sudah selesai. Proyek di stadion Manahan dan pendukung masih jalan. Kontraknya masih jalan kok kalau tidak salah awal April selesai," ujar Gibran, Senin (27/3/2023).

Lebih lanjut Gibran menjelaskan belum ada pemberitahuan resmi pembatalan drawing atau pengundian peserta grup Piala Dunia U20.

Proyek di Stadion Manahan Solo, imbuh Gibran, masih tetap berjalan hingga pekan depan. Kata dia, tinggal menyambung rumput dengan memakai mesin khusus yang didatangkan dari luar negeri.

Baca juga:

- Menlu: Indonesia Tak Akan Buka Hubungan dengan Israel

- Pengamat: Tak Ada Alasan Tolak Kehadiran Timnas Israel

Sebelumnya, muncul penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Sepakbola Israel dalam ajang Piala Dunia Usia 20  yang digelar di Indonesia bermunculan. Sikap tersebut didasari atas penyerangan Israel terhadap negara Palestina yang kerapkali terjadi.

Penolakan terhadap Timnas Israel juga muncul dari Pemerintah Provinsi Bali. Sikap ini didasarkan pada tidak adanya hubungan dplomatik antara Indonesia dan Israel.

Imbasnya, federasi sepak bola dunia, FIFA membatalkan drawing Piala Dunia Usia 20 yang mestinya digelar Jumat, 31 Maret mendatang di Bali.

Pembatalan drawing itu dikhawatirkan mengganggu jadwal atau tahap berikutnya saat Piala Dunia U20 akan berlangsung pada 20 Mei - 11 Juni mendatang.

Pascapembatalan drawing dua negara yakni Argentina dan Qatar disebut-sebut  menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah menggantikan Indonesia.

Editor: Rony Sitanggang

  • Israel
  • U20
  • Piala Dunia U-20

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!