NASIONAL

Elektabilitas Ketum PSI Kaesang Pangarep Unggul di Pilkada Jateng

“Masyarakat memilih mas Kaesang tidak jauh asosiasinya dengan bapaknya ya"

AUTHOR / Shafira Aurel, Yudha Satriawan

EDITOR / Muthia Kusuma

Kaesang
Ilustrasi Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep (FOTO: ANTARA/Aditya Pradana)

KBR, Solo- Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) mencatat elektabilitas Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep unggul di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, posisi putra bungsu Presiden Jokowi itu kerap bersaing tipis dengan bekas Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi.

“Masyarakat memilih mas Kaesang tidak jauh asosiasinya dengan bapaknya ya. Jadi berasal dari keluarga tokoh politik. Ini menunjukkan sekali lagi faktor Jokowi menjelaskan sangat kuat mengapa sementara Kaesang sementara ini unggul di Jawa Tengah. Meskipun secara statistik tidak jauh beda dengan Ahmad Luthfi. Nah ada yang memilih karena faktor kewibawaan atau ketegasan sebagian besar memilih Ahmad Luthfi,” ujar Burhanuddin dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (7/7/2024).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menambahkan, pada simulasi enam nama, elektabilitas Kaesang Pangarep mencapai 24,8 persen. Sedangkan Ahmad Luthfi 20,3 persen.

Baca juga:

Selain keduanya, nama lain yang masuk radar pertarungan di Jateng yakni bekas Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, dan Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto.

Survei ini dilakukan pada 10-17 Juni 2024 dengan mewawancarai 800 responden. Wawancara dilakukan melalui telepon. Adapun margin kesalahan survei kurang lebih sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan metode simple random sampling.

Di lain kesempatan, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia PSI, Kaesang Pangarep angkat suara terkait namanya yang masuk radar calon kepala daerah yang diusung PDIP. Kaesang menyebut dirinya menghargai semua partai politik yang ingin mengusungnya pada pilkada serentak.

"Ya nggak papa, kami hargai semua yang mau mengusung kami.Tapi balik lagi ya, Jawa Tengah ini kan provinsi yang cukup besar, masalahnya juga kompleks. Butuh pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah yang ada di Jawa Tengah," kata Kaesang di, Solo, Minggu malam (7/7/2024).

Ketum PSI Kaesang Pangarep enggan mengomentari lebih jauh terkait langkah politiknya dalam bursa pilkada. Termasuk kepastian dirinya akan maju atau tidak di provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Puan Maharani mengungkap sejumlah nama yang masuk radar partai berlambang banteng itu, untuk diusung di pilkada. Antara lain Kaesang Pangarep, Bekas Panglima TNI Andika Perkasa, hingga Mendikbud-ristek Nadiem Makarim.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!