NASIONAL

Dua Hari Gabung ke PSI, Kaesang Jadi Ketua Umum

"Politik bila dilakukan secara benar oleh orang yang tepat, maka politik akan menjadi sumber kebaikan dan kesejahteraan,"

AUTHOR / Heru Haetami

Kaesang Pangarep
Ketum PSI Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) di Jakarta, Senin (25/09/23). (Antara/Aditya Pradana)

KBR,  Jakarta-   Kaesang Pangarep putra bungsu  Presiden Joko Widodo resmi menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang Pangarep mengatakan, tujuannya terjun ke dunia politik terinspirasi dari sang ayah. 

Selain itu, kata dia, saat ini banyak kelompok muda yang pesimistis dengan perpolitikan di Tanah Air.

"Saya tidak bisa nyalahin mereka. Betapa tidak, politik terlanjur diasosiasikan sebagai pusatnya berantem, fitnah, hoaks, korupsi, money politic dan sebagainya. Tapi izinkan saya melihat dari kacamata yang lain, kacamata optimisme. Bahwa politik bila dilakukan secara benar oleh orang yang tepat, maka politik akan menjadi sumber kebaikan dan kesejahteraan," ujar Kaesang, Senin (25/9/2023).

Pengangkatan Kaesang Pangarep diumumkan dalam Kopdarnas PSI, Senin malam. Keputusan PSI memilih Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum DPP PSI dibacakan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

"Memutuskan, menetapkan, satu, pengangkatan saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia periode 2023-2028," kata Grace.

Baca juga:

Keluarga Presiden Jokowi enggan menanggapi perbedaan politik antara Presiden, putra sulung dan menantu di PDI Perjuangan sedangkan putra bungsu di jalur beda parpol, PSI. Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming menegaskan urusan adiknya di PSI bukan ranahnya berkomentar. 

Gibran mengatakan dirinya kader PDIP.

"Nggak ada tanggapan apa-apa soal Kaesang. Tanya Kesang, tanya saja ke PSI. Jangan ke saya. Pokoknya tanya ke Kaesang atau orang PSI, sudah ya terima kasih," ujar Gibran di Solo, Jateng, Senin (25/9/2023).

Lebih lanjut saat jurnalis bertanya lebih lanjut adanya perbedaan pilihan jalur partai politik, Gibran langsung bergegas ke mobil dinasnya. Tak banyak pernyataan yang dikeluarkan Gibran.

Sebelumnya pada Sabtu (23/09), putra bungsu Presiden Joko Widodo yakni Kaesang Pangarep secara resmi telah bergabung dalam anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Deklarasi itu diumumkan di Rumah Presiden Jokowi di Kota Solo, Jawa Tengah. KTA PSI tertera nama Kaesang Pangarep, dan nomor anggota S317420230151515.

Kaesang mengatakan keputusannya bergabung dengan PSI telah melalui proses yang cukup panjang. Ia menyebut pilihannya bergabung dengan PSI lantaran memiliki kesamaan pandangan soal bagaimana anak muda dapat terlibat dalam sektor publik.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!