BERITA

DPR : Dana Asuransi Pertanian Bisa Cair Tahun Mendatang

Sebelumnya, mekanisme pencairan dana asuransi ini terhambat karena tidak seusai dengan aturan pemerintah.

AUTHOR / Eli Kamilah

DPR : Dana Asuransi Pertanian Bisa Cair Tahun Mendatang
Ilustrasi petani. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pertanian DPR, Herman Khaeron menyatakan dana asuransi pertanian bisa cair pada akhir tahun mendatang. Sebelumnya, mekanisme pencairan dana asuransi ini terhambat karena tidak seusai dengan aturan pemerintah. Menurut dia, Pemerintah perlu mencermati dua hal, yakni perlindungan bagi petani yang gagal panen dan sebagai jaminan perbankan dalam menyalurkan bantuan kepada petani.

"Ini sudah di pilot project kan. Mudah-mudahan 2015 implementasinya. Meski ada jeda waktu yang terhambat soal mekanisme keuangan. karena ini harus hati-hati. Jadi harus ada mekanisme keuangan yang di clearkan antara keuangan dan pertanian, sehingga baru digulirkan hari ini," kata Herman, Selasa (14/7/2015).


Setelah sempat tidak jelas nasibnya, rencana pemerintah untuk mengadakan program Asuransi Pertanian akhirnya mulai ada titik terang. Menteri Pertanian Amran Sulaiman Senin kemarin telah menandatangani Peraturan Menteri tentang Asuransi Pertanian atau Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Program ini molor karena Kementerian Keuangan mengembalikan draf anggaran Asuransi Pertanian ke Kementerian Pertanian. Sebab teknis pencairan tidak sesuai dengan aturan pemerintah saat ini.


Editor : Sasmito Madrim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!