NASIONAL

Dirjen Hubdar Siap Angkut 44 Ribu Sepeda Motor Pemudik

Kementerian perhubungan memperikarakan 3,1 juta motor bakal memadati jalur mudik tahun ini. Angka ini lebih besar dibanding pemudik bersepeda motor tahun lalu yang berjumlah 2,9 juta.

AUTHOR / Claudia Von Nasution

Dirjen Hubdar Siap Angkut 44 Ribu Sepeda Motor Pemudik
Dirjen Hubdar, Sepeda Motor, Pemudik

KBR68H, Jakarta - Kementerian perhubungan memperikarakan 3,1 juta motor bakal memadati jalur mudik tahun ini. Angka ini lebih besar dibanding pemudik bersepeda motor tahun lalu yang berjumlah 2,9 juta.

Dirjen Perhubungan Darat Soeroyo Alimoeso mengatakan, pemerintah membuat program untuk mengurangi kepadatan di jalan raya selama mudik. Akan ada layanan pengangkutan secara gratis bagi motor dan pemudiknya baik di Jawa maupun ke luar Jawa.

"Ini untuk mengurangi yang di jalan nantinya. Karena, itupun kalau tiga juta, kita angkut kira-kira 25.000-30.000 motor belum apa-apa. Tapi ini ada upaya dari pemerintah untuk melakukan langkah-langkah pengurangan kecelakaan," ungkap Soeroyo kepada KBR68H, Rabu (17/7).

Dirjen Perhubungan Darat Soeroyo Alimoeso menambahkan, ada tiga moda transportasi yang disiapkan untuk mengangkut motor dan pemudiknya.

Kapal laut, kereta api dan truk yang disediakan pemerintah memiliki daya angkut sekitar 44 ribu sepeda motor. Layanan ini diupayakan untuk mengurangi jumlah kasus kecelakaan selama mudik lebaran yang tahun lalu mencapai 5.013 kasus. Saat ini pendaftaran sudah dibuka hingga kuota penuh. Sedangkan pengiriman akan dilakukan mulai 1 Agustus mendatang.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!