NUSANTARA

Dinyatakan Sembuh, Pasien Pertama Cacar Monyet di Jawa Barat Dipulangkan

Jika menemukan gejala menyerupai monkeypox, masyarakat diminta membawa pasien ke fasilitas kesehatan.

AUTHOR / Arie Nugraha

cacar monyet
Ilustrasi. (Foto: Vecteezy.com)

KBR, Bandung - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan pasien pertama positif terinfeksi cacar monyet atau monkeypox (Mpox) di Jawa Barat dinyatakan sembuh.

Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung, Iwan Abdul Rachman mengatakan pasien merupakan pria berusia 36 tahun warga Kota Bandung. Pasien itu telah dipulangkan pada Senin (6/11/2023) pada pukul 13.00 WIB.

"Pasien bisa dipulangkan bila sudah memenuhi kriteria sembuh. Pertama, bebas demam dalam waktu 72 jam terakhir. Lalu ada perbaikan untuk gejala respirasinya, tidak ada lesi baru dalam 48 jam. Seluruh lesi kulit itu mencapai fase kusta mengelupas dan tumbuh dan juga kita bisa melihat adanya lapisan kulit yang baru," ujar Iwan Abdul Rachman di Bandung, Selasa (14/11/2023).

Iwan mengatakan pasien yang sudah dinyatakan sembuh tersebut tidak perlu melakukan pemeriksaan lanjutan (follow up) PCR.

Penilaian kondisi kesehatan pasien dinyatakan positif Mpox berdasarkan hasil klinis tunjukkan hasil yang baik dan bisa dipulangkan.

Baca juga:


Iwan Abdul Rachman menambahkan sementara seorang pasien pria berusia 32 tahun terduga Mpox dirujuk ke RSHS Bandung dan hasilnya dinyatakan negatif.

"Jadi tidak terbukti yang bersangkutan mengidap penyakit monkeypox dan telah dipulangkan," kata Iwan.

Terhadap menyebarnya penyakit infeksi menular khusus ini, Iwan meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaannya. Namun peningkatan kewaspadaan ini tidak boleh disertai kepanikan dan kecemasan bila mendapatkan gejala yang menyerupai monkeypox.

"Mungkin relasi di sekitar ada yang dicurigai mengidap penyakit tersebut. Yang harus dilakukan adalah pergi ke fasilitas kesehatan terdekat," kata Iwan.

Jika hasilnya dinyatakan positif, Iwan meminta masyarakat tidak cemas karena ini merupakan penyakit yang bisa sembuh sendiri. 

"Yang terpenting melakukan isolasi hingga nanti sudah mengalami penyembuhan dan akhirnya bisa beraktivitas biasa kembali," tambah Iwan.

Laporan harian kasus penyakit Mpox 12 November 2023 pukul 20.00 WIB Kementerian Kesehatan, jumlah kasus mencapai 44 dari empat daerah yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Kepulauan Riau.

Rinciannya, DKI Jakarta hingga 11 November terjadi 33 kasus positif terinfeksi Mpox dan 14 diantaranya dinyatakan sembuh. Banten terdapat lima kasus dan empat dinyatakan sembuh.

Sedangkan Jawa Barat terdapat lima kasus Mpox yang terkonfirmasi dan semuanya masih dalam masa perawatan. Terakhir, Kepulauan Riau tercatat satu kasus terkonfirmasi.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!