BERITA

Difable Tuntut TPS Ramah Buat Mereka

Sukarno, seorang warga kota Surakarta menggelar aksi tunggal diajang hari bebas kendaraan bermotor.

AUTHOR / Yudha Satriawan

Difable Tuntut TPS Ramah Buat Mereka
TPS, Difable, Surakarta

KBR, Surakarta - Sukarno, seorang warga kota Surakarta menggelar aksi tunggal diajang hari bebas kendaraan bermotor. Ia mendesak penyediaan Tempat Pemungutan Suara atau TPS yang ramah bagi difabel dalam Pemilu Presiden mendatang. Menurut Sukarno, selama ini akses penyandang difabel, terutama bagi pemilih berkursi roda. Sukarno mencatat kesulitan tersebut antara lain tingginya meja kotak suara, meja bilik suara, dan akses jalan menuju TPS.

“aksi ini untuk membantu para penyandang cacat, terutama yang berkursi roda, agar di TPS-TPS pemilu presiden mendatang bisa mewujudkan aspirasinya, menggunakan hak pilihnya.Selama ini kami masih kesulitan akses ke TPS.Saya berharap panitia di TPS juga memperhatikan kesulitan kami,jangan sampai kami, penyandang difabel kehilangan hak suara.” ujar Sukarno

Sambil mengendarai sepeda roda tiga, Sukarno membawa sebuah Poster berisi tulisan Siapkan TPS ramah difabel. Aksi dgelar di ajang Car free Day, Jalan Slamet Riyadi kota Surakarta, Minggu pagi.

Pemungutan suara Pemilu Presiden akan digelar 9 Juli mendatang. DPT di kota Surakarta sekitar 409 ribu, atau bertambah 1500 pemilih dibanding DPT Pemilu legilatif April lalu. Sementara jumlah TPS tercatat mencapai 1200an buah.

Editor: Sutami





Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!