NUSANTARA

Daftar Ulang dengan Hasil Bumi di Sekolah Alam MTs Pakis

Hasil bumi yang dibawa para siswa akan diolah dan dimakan bersama saat gotong royong perbaikan gedung sekolah.

AUTHOR / Muhamad Ridlo Susanto

Daftar Ulang dengan Hasil Bumi di Sekolah Alam MTS Pakis
Proses daftar ulang menggunakan hasil alam di Sekolah Alam MTs Pakis 8, Cilongok, Banyumas. Foto: KBR/Muhamad Ridlo

KBR, Banyumas– Sekolah Alam Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pakis di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, menggunakan hasil bumi untuk daftar ulang. Sekolah ini berada di lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah.

Kepala MTs Pakis, Isrodin mengatakan, daftar ulang rencananya akan dilakukan secara serentak pada Rabu, 12 Juli 2023. Selain murid baru, daftar ulang juga dilakukan siswa kelas 7 yang kini naik ke kelas 8.

Rencananya, hasil bumi yang dibawa para siswa akan diolah dan dimakan bersama saat gotong royong perbaikan gedung sekolah. Sebab, saat ini atap sekolah bocor. Gotong royong perbaikan itu dilakukan oleh orang tua siswa.

"Diserahkan saja, itu kan nanti dibawa kemudian diserahkan. Nanti kan itu diolah bareng. Tidak tahu nanti bawa (hasil buminya) apa. Kebetulan kan ada acara gotong royong, kerja bakti. Nanti, kan, sekaligus acara pengenalan lingkungannya, kaya gitu, ada pembekalan sebentar. Kemudian, memperbaiki ruang belajar sebentar. Yang sudah konfirmasi sih ada delapan. Tapi, kan, yang kelas 7 naik ke kelas 8 juga daftar ulang," kata Isrodin, Senin, (10/7/2023).

Selain penerimaan siswa baru reguler, MTs Pakis juga menerima siswa Kejar Paket C. Serupa dengan calon siswa reguler, calon siswa Paket C juga akan membawa hasil pertanian.

MTs Pakis adalah sekolah yang berada di pegunungan Banyumas. Sekolah didirikan lantaran banyak lulusan SD yang tak melanjutkan ke SLTP karena jarak sekolah lanjutan yang cukup jauh.

Sekolah ini gratis dan menerapkan kurikulum mandiri. Untuk ujian nasional akhir, sementara ini sekolah masih menginduk ke MTs Maarif Cilongok.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!