Article Image

NASIONAL

Cek Fakta: Hoaks “Hasil Perhitungan Surat Suara Pemilu di Luar Negeri”

"Top Three Hoax of The Week"

KBR, Jakarta- Media sosial TikTok diramaikan konten menyesatkan terkait video bernarasi hasil perhitungan surat suara pemilu di luar negeri. Padahal, perhitungan suara di luar negeri dilakukan pada 14 Februari 2024, meski pemungutan suaranya dilakukan lebih awal atau early voting dibandingkan pemilu di dalam negeri.

Video ini disertai keterangan "hasil perhitungan surat suara pemilu di luar negeri, mohon info ini hasilnya update yaa… salam perubahan…"

Konten yang dimaksud bisa dicek di Twitter atau X @TurnBackHoax

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 9-15 Februari 2024 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Twitter/X @TurnBackHoax:

Tersebar sebuah video di YouTube berisikan klaim tentang ribuan ulama dan golongan NU bersatu mendukung Anies dalam pemilu 2024. Dinarasikan, dukungan ini atas komando dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Namun setelah disimak isi video hanya berisi potongan video dari wawancara 2 orang relawan dari Anies Baswedan Rakyat Bersatu (ABRI-1) mengenai dukungan mereka kepada Anies.

Unggahan ini juga menampilkan potongan video yang memperlihatkan Ma’ruf Amin sedang berpidato dan duduk bersamaan dengan Anies Baswedan.

Hoaks “Hasil Perhitungan Surat Suara Pemilu di Luar Negeri”

Media sosial TikTok diramaikan konten menyesatkan terkait video bernarasi hasil perhitungan surat suara pemilu di luar negeri.

Padahal, perhitungan suara di luar negeri dilakukan pada 14 Februari 2024, meski pemungutan suaranya dilakukan lebih awal atau early voting dibandingkan pemilu di dalam negeri.

Video ini disertai keterangan"hasil perhitungan surat suara pemilu di luar negeri, mohon info ini hasilnya update yaa… salam perubahan…"

Konten yang dimaksud bisa ditengok di turnbackhoax.id 

Baca juga:

(Republikasi) Cek Fakta: Hoaks, Prabowo-Gibran Diklaim Menang Mutlak di Pemilu KBRI Malaysia

CEK FAKTA: VIDEO HOAKS DEKLARASI LUHUT DUKUNG ANIES

-  CEK FAKTA: HOAKS JOKOWI JALAN KAKI KARENA BAN BOCOR

Berdasarkan data hasil perhitungan suara tingkat nasional di laman Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, perolehan suara pasangan Prabowo-Gibran unggul sebesar 58,61 persen. Ini data perhitungan versi 19 Februari 2024 malam, dengan total 71,74 persen TPS.

Sedangkan perhitungan luar negeri, pasangan Prabowo-Gibran juga unggul dengan perolehan suara 55,25 persen, di susul Anies-Muhaimin 23,72 persen, dan Ganjar-Mahfud 20,52 persen . Ini perhitungan suara versi 19 Februari 2024, dengan perhitungan 55,25 persen dari total 3.075 TPS.

Beredar pesan singkat melalui WhatsApp terkait data TPS Pemilu 2024 dari disertai lampiran dokumen dengan format Android Package Kit (APK) bernama “Data TPS Pemilu 2024.Apk”.

File yang dikirimkan merupakan bentuk SCAM, yakni penipuan digital yang menarget data-data privasi seseorang termasuk data perbankan.

Dimana cek data TPS secara online pada Pemilu 2024 hanya bisa dilakukan melalui laman resmi https://cekdptonline.kpu.go.id... dengan memasukkan NIK atau Nomor Paspor bagi pemilih yang berada di Luar Negeri.

Jelang 14 Februari 2024 atau hari pemungutan suara nasional, media sosial sempat dihebohkan penipuan file APK data Tempat Pemungutan Suara (TPS). Saat aplikasi diinstal, akan ada permintaan akses sms untuk membobol M-Banking. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pun sempat mengingatkan warganet untuk berhati-hati dengan modus penipuan ini.

Mau tau info pembahasan mendalam soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: