Article Image

NASIONAL

Cek Fakta: Foto Bernarasi TNI Dukung Salah Satu Kandidat?

"Top Three Hoax of The Week "

KBR, Jakarta- Beredar informasi menyesatkan yang menyebut Tentara Nasional Indonesia mendukung pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 di Pemilu 2024.

Adapun narasi yang disebarkan adalah: “Mulai institusi negara ikut dukung mendukung salah satu kandidat , kata netral dalam sumpah jabatan hanya isapan jempol.” Ada juga video yang menampilkan pertemuan Walikota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka dengan beberapa prajurit TNI. Video ini diberikan keterangan, “Ngeri ngeri sedap! Rombongan Jenderal TNI kunjungi Gibran di Balaikota”

Konten yang dimaksud bisa dicek di Twitter @TurnBackHoax

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 9 - 15 November 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Twitter/X @TurnBackHoax:

Beredar informasi menyesatkan yang menyebut Tentara Nasional Indonesia mendukung pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 di Pemilu 2024.

Adapun narasi yang disebarkan: “Mulai institusi negara ikut dukung mendukung salah satu kandidat , kata netral dalam sumpah jabatan hanya isapan jempol.” Ada juga video yang menampilkan pertemuan Walikota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka dengan beberapa prajurit TNI. Video ini diberikan keterangan, “Ngeri ngeri sedap! Rombongan Jenderal TNI kunjungi Gibran di Balaikota”

Konten yang dimaksud bisa dicek di Twitter @TurnBackHoax

Baca juga:

Cek Fakta: Hoaks Ribuan Warga Yahudi Demo Bela Palestina di New York

Cek Fakta: Narasi Beredarnya Miras Saset Resahkan Masyarakat

Cek Fakta: Foto Suntingan Bernarasi Ganjar Minum Alkohol?

Faktanya, video pertemuan Walikota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka dengan beberapa prajurit TNI, terjadi sebelum Gibran mencalonkan diri sebagai Cawapres Prabowo Subianto. Foto ini diunggah di akun Instagram Penerangan Seskoad pada 7 September 2023 dan di situs resmi Seskoad pada 9 September 2023.


Beredar sebuah video di media sosial X atau Twitter, menampilkan perusakan sebuah gereja yang diklaim Hamas merusak gereja di Gaza dan menendang patung Yesus.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video serupa dari channel youtube resmi New York Post berjudul “ISIS defaces and destroys a Catholic church in the Philippines | New York Post” dan diunggah 6 Juni 2017.

Video tersebut merupakan peristiwa perusakan sebuah gereja Katholik di Filipina oleh kelompok Abu Sayyaf dan kelompok Maute, yang diketahui memiliki hubungan dengan kelompok teroris ISIS pada 2017 silam.

Sebuah akun TikTok mengunggah video berisikan narasi Presiden Israel, Isaac Herzog mengancam akan membuat Indonesia seperti Palestina, kalau terus ikut campur.

Setelah ditelusuri, konten menyesatkan ini sudah beredar sejak 2017 lalu. Saat itu Israel dipimpin Presiden Reuven Rivlin. Narasi serupa juga ditemukan di konten Youtube berjudul, “Presiden Israel: Bila Hacker Indonesia Terus Ikut campur, Kami Buat Indonesia Seperti Palestina!”

Berdasar penelusuran, tidak ada pernyataan resmi dari Presiden Israel, Issac Herzog akan menyerang Indonesia karena ikut campur urusan Israel dan Palestina.

Video dimaksud bisa dicek di Twitter @TurnBackHoax

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: