Article Image

NASIONAL

Cek Fakta: Beredar Video Bernarasi Megawati Hangestri Dicurangi Wasit

"Top Three Hoax of The Week"

KBR, Jakarta- Di aplikasi berbagi video YouTube, beredar video bernarasi anggota tim voli Daejeon JungKwanJang Red Sparks asal Indonesia, Megawati Hangestri, mendapatkan pujian dari media Korea Selatan, setelah viral reaksinya ketika dicurangi wasit dalam sebuah pertandingan bola voli.

Konten yang dimaksud bisa dicek di Twitter @TurnBackHoax

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 23 - 29 November 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Twitter/X @TurnBackHoax:

Beredar Video Bernarasi Megawati Hangestri Dicurangi Wasit

Di aplikasi berbagi video YouTube, beredar video bernarasi anggota tim voli Daejeon JungKwanJang Red Sparks asal Indonesia, Megawati Hangestri, mendapatkan pujian dari media Korea Selatan, setelah viral reaksinya ketika dicurangi wasit dalam sebuah pertandingan bola voli.

Setelah ditelusuri, unggahan video Megawati Hangestri dicurangi wasit dalam pertandingan bola voli merupakan konten yang menyesatkan. Sebab faktanya, video tersebut hanya menampilkan ulang momen pertandingan voli antara Red Sparks melawan GX Caltex.

Baca juga:

CEK FAKTA: FOTO BERNARASI TNI DUKUNG SALAH SATU KANDIDAT?

Cek Fakta: Hoaks Ribuan Warga Yahudi Demo Bela Palestina di New York

Cek Fakta: Narasi Beredarnya Miras Saset Resahkan Masyarakat

Belakangan nama Megawati Hangestri memang viral di kalangan netizen +62. Bukan karena sensasi, tapi Megawati termasuk atlet Indonesia yang berprestasi di luar negeri. Namanya besar di Liga Bola Voli Korea Selatan.

Wanita asal Kediri itu bergabung dengan Daejeon CheongKwanJang Red Sparks musim ini. Pada Oktober kemarin, dia ditunjuk sebagai pemain terbaik saat debutnya. Gelar ini diberikan setelah dia mencetak 21 poin dan pertandingan selanjutnya dia menorehkan 31 poin.

Diposisi kedua ada konten video menyesatkan soal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang mendapatkan kritikan pedas dari federasi sepak bola internasional (FIFA).

Video yang tersebar menampilkan komentar Presiden FIFA Gianni Infantino berkaitan final Africa Cup of Nations (AFCON) 2022 lalu. Tapi malah dinarasikan, PSSI memalukan nama Indonesia saat dipimpin Erick Thohir, lantaran mendapat kritikan pedas dari FIFA.

Pesan berantai tersebar di aplikasi Whatsapp, soal minum air dingin bakal berdampak buruk pada kinerja ginjal. Tak sekedar pesan berantai, penyebar hoaks juga melampirkan video berdurasi 9 menit 6 detik. Video itu menarasikan, ginjal akan bekerja keras menyamakan suhu air dingin yang diminum, agar sesuai suhu tubuh manusia. Selain berbahaya bagi ginjal, air dingin diklaim berpotensi menyebabkan serangan jantung dan gangguan hati.

Faktanya, Ahli penyakit dalam di Junior Doctors Networks (JDN) Indonesia, Andi Khomeini Takdir mengatakan, minum es saat makan tidak akan merusak ginjal, asalkan es tersebut merupakan air putih biasa. Air yang disarankan air putih, baik air es atau air biasa.

Berbagai manfaat minum air putih diantaranya menghidrasi tubuh setelah berolahraga, meringankan nyeri otot, menurunkan berat badan dan masih banyak manfaat lainnya.

Video dimaksud bisa dicek di Twitter @TurnBackHoax

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: