BERITA

Caleg di Jawa Banyak Minta Bantuan Dukun

Para calon legislatif di hampir semua provinsi membagi-bagikan uang dalam bentuk doorprize atau sumbangan untuk meraih suara dalam pemilu kali ini. Pakar Indonesia asal Australia Edward aspinal menuturkan, bahkan ada caleg yang mengandalkan dukun untuk me

AUTHOR / Antonius Eko

Caleg di Jawa Banyak Minta Bantuan Dukun
caleg, pemilu, dukun

KBR68H, Jakarta - Para calon legislatif di hampir semua provinsi membagi-bagikan uang dalam bentuk doorprize atau sumbangan untuk meraih suara dalam pemilu kali ini. Pakar Indonesia asal Australia Edward aspinal menuturkan, bahkan ada caleg yang mengandalkan dukun untuk mendapat dukungan dari dunia spiritual. 


“Dukun ini paling banyak di Pulau Jawa.. Ada juga di Kalimantan Tengah. Yang kami lihat sendiri, dimana ada seorang caleg yang bertemu dengan seorang dukun. Saat itu dukunya kerasukan roh Nyai Roro Kidul,” paparnya


Edward menambahkan, upaya pembelian suara juga banyak terjadi di Jawa. Dia mengaku kaget dengan kenyataan ini, karena sempat memperkirakan kasus-kasus seperti ini terjadi di luar Jawa. 


Prilaku seperti banyak dilakukan oleh caleg yang saat masih menjabat. Mereka menggunakan akses dana yang dipunyai, seperti dana aspirasi dan bantuan pertanian untuk meraup suara. 


Fakta ini ditemukan dalam penelitian yang dilakukan Edward di delapan provinsi selama 40 hari. Penelitian juga melibatkan Universitas Gajah Mada. Sekitar 50 orang diturunkan untuk meneliti strategi pemenangan dan pola pengorganisasian yang dilakukan para caleg. 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!