BERITA

Bulan Puasa, Volume Sampah di Mataram Meningkat

Adapun volume sampah di kota Mataram sebesar 1300 meter kubik dalam sehari, sementara di bulan puasa ini meningkat lima persen.

AUTHOR / Zaenudin Syafari

Bulan Puasa, Volume Sampah di Mataram Meningkat
Pedagang Takjil di Mataram. Foto: Zainudin Syafari KBR

KBR, Mataram- Volume sampah di Kota Mataram meningkat hingga lima persen selama hampir sepekan Ramadhan. Menurut Kepala Dinas Kebersihan Kota Mataram Dedy Supriadi, meningkatnya volume sampah karena tingginya penjualan makanan dan minuman yang berakibat banyak sampah bekas makanan menumpuk. Dedy meminta kepada pedagang agar menyiapkan tempat sampah sendiri. Diakuinya, pemerintah Kota Mataram belum memiliki anggaran yang cukup untuk menyiapkan tempat sampah di masing-masing pedagang takjil, sehingga para pedagang diminta untuk membersihkan area jualannya dengan alat kebersihan yang dibawa sendiri. 

“Ya ada dong, kita datangi, kita informasikan supaya membuang sampahnya dengan menyiapkan tempat sampah. Dia yang menyiapkan sendiri,tinggal dikumpulkan dan kita angkut,” kata Dedy Supriadi Rabu (24/6/2015).

Dia menerangkan, petugas kebersihan tetap melakukan tugasnya sesuai dengan jadwal rutin yaitu pagi dan sore hari tanpa adanya tugas tambahan. Karena pedagang dinilai sudah mematuhi aturan yang ditetapkan. Adapun volume sampah di kota Mataram sebesar 1300 meter kubik dalam sehari.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!