NASIONAL

BPOM: Banyak Makanan Lokal yang Tidak Bersih

KBR68H, Surabaya -Badan Pengawasan Obat dan Makanan mengakui banyak produk makanan asal Indonesia yang kurang memperhatikan faktor kebersihan.

AUTHOR / Petrus Riski

BPOM: Banyak Makanan Lokal yang Tidak Bersih
BPOM, makanan lokal, tidak bersih

KBR68H, Surabaya -Badan Pengawasan Obat dan Makanan mengakui banyak produk makanan asal Indonesia yang kurang memperhatikan faktor kebersihan. Akibatnya di sejumlah negara produk itu ditolak. Deputi bidang Pengasawan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparringa mengatakan, BPOM telah meminta pelaku usaha bidang makanan dan produk olahan lebih memperhatikan hal ini, terutama kualitas dan standar keamanan, sebelum memasarkan produknya baik di dalam maupun di luar negeri.

“Yang paling utama adalah, salah satunya adalah hygiene dan sanitasi, dan kebersihan, personal hygiene itu adalah paling utama dan paling sulit karena mengubah perilaku. Nah, yang lain-lain juga disampaikan penyalahgunaan bahan berbahaya, itu adalah lebih banyak penegakkan hukum dan tentu pembinaan juga, tetapi yang paling menantang adalah mengubah perilaku bagaimana kebersihan.”kata Roy kemarin di Surabaya.

Deputi bidang Pengasawan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparringa menambahkan, dari sekian banyak UMKM di Indonesia, baru sekitar 24 persen yang telah memenuhi standar keamanan pangan nasional.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!