NASIONAL

BNPB: Karhutla Terkendali, Kebakaran TPA jadi Atensi

Yang justru menjadi atensi kita adalah kebakaran tempat pembuangan akhir sampah

AUTHOR / Astri Yuanasari

BNPB: Karhutla Terkendali, Kebakaran TPA jadi Atensi
Petugas dan sebuah helikopter memadamkan titik kebakaran di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang, Senin (23/10/23). ANTARA/Sulthony Hasanuddin

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeklaim kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra dan Kalimantan secara umum sudah terkendali. Juru Bicara BNPB Abdul Muhari mengatakan, lembaganya saat ini justru fokus menangani kebakaran tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di beberapa daerah.

"Yang justru menjadi atensi kita adalah kebakaran tempat pembuangan akhir sampah di Bali yang masih belum selesai. Kemudian di Kota Batu, dan yang sekarang yang sedang kita benar-benar intensif karena ada di Rawa Kucing Tangerang. Jadi ini yang ketika di Sumatra dan Kalimantan bisa relatif kita kendalikan, Jawa menjadi atensi," kata Abdul saat konferensi pers, Senin (23/10/2023).

Baca juga:

Abdul Muhari menjelaskan, dalam sepekan periode 16-22 Oktober 2023, terjadi total 36 kejadian bencana di Indonesia.

Dia merinci, ada 17 kejadian bencana karhutla, 10 kejadian bencana cuaca ekstrem, 7 kejadian bencana banjir, 1 kekeringan, dan 1 kejadian bencana tanah longsor.

Seluruh kejadian tersebut menyebabkan lebih dari 57 ribu orang terdampak dan mengungsi.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!