NASIONAL

Bertemu PM Italia, Jokowi Ajak Kembangkan Kendaraan Listrik

“Saya harap komitmen segera diimplementasikan karena dukungan mobilisasi pendanaan adalah elemen penting transisi energi,”

AUTHOR / Heru Haetami

KTT G20
Presiden Jokowi bertemu PM Italia Giorgia Meloni di sela KTT G20 di New Delhi, India, Minggu (10/09/23). (Medsos Jokowi)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengajak Italia untuk terlibat dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan infrastruktur hijau.

Ajakan itu disampaikan Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, Minggu (10/09/2023).

“Saya juga undang Italia untuk kembangkan ekosistem EV, infrastruktur hijau dan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi di sela-sela KTT G20 di New Delhi, India.

Presiden Jokowi mengatakan, pertemuan kedua negara membahas sejumlah kerja sama dan investasi.

Itu sebab, Jokowi menyambut baik peningkatan investasi oleh Italia ke Indonesia.

Presiden Jokowi meminta  PM Meloni mendukung atas keanggotaan Indonesia di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Baca juga:

- Jokowi: Jangan Jadikan ASEAN Arena Rivalitas yang Menghancurkan

- Jokowi Dorong Sinergi ASEAN dan PBB Jaga Perdamaian

Kepala Negara juga mengapresiasi komitmen pendanaan transisi energi oleh Italia dalam skema Just Energy Transition Partnership (JETP).

“Saya harap komitmen segera diimplementasikan karena dukungan mobilisasi pendanaan adalah elemen penting transisi energi,” kata Presiden.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!