NASIONAL

Bawaslu Respons Kritik Megawati Soal Kecurangan Pemilu

Tapi kemudian (dianggap) curang atau tidaknya, agak sulit.

AUTHOR / Shafira Aurel

EDITOR / Wahyu Setiawan

Bawaslu Respons Kritik Megawati Soal Kecurangan Pemilu
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kiri) saat mengikuti sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di MK, Jakarta, Rabu (3/4/2024).ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

KBR, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Rahmat Bagja merespons kritikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia membantah Bawaslu tidak bekerja secara profesional dan transparan dalam menangani dugaan kecurangan di Pemilu 2024.

Bagja mengeklaim banyak kasus kecurangan pemilu yang ditangani secara baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Ya kurang tepat lah. Bisa dilihat dari putusan MK. Kami diingatkan oleh putusan MK iya, tapi kemudian curang atau tidaknya agak sulit. Tergantung alat bukti dan lain-lain," ujar Bagja di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5/2024).

Sebelumnya di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, Megawati mengkritik Bawaslu dalam pidato politiknya.

Dia menganggap Bawaslu tidak menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Sebab menurut Mega, banyak kecurangan-kecurangan Pemilu 2024 yang tidak ditangani.

Megawati juga menyebut Bawaslu tidak ada gaungnya dalam mengawasi Pilpres 2024.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!