NASIONAL

Asosiasi Pasar Ajukan Syarat Perbolehkan Importir Masuk

KBR68H, Jakarta - Asosiasi pedagang pasar setuju dengan realisasi percepatan impor yang diajukan pemerintah.

AUTHOR / Novaeny Wulandari

Asosiasi Pasar Ajukan Syarat Perbolehkan Importir Masuk
impor, asosiasi pasar, syarat, portalkbr.com


KBR68H, Jakarta - Asosiasi pedagang pasar setuju dengan realisasi percepatan impor yang diajukan pemerintah. Namun, Sekretaris Umum Asosiasi Pedagang Pasar Ngadiran mengajukan syarat. Dia meminta pemerintah segera menetapkan harga eceran tertinggi. Hal ini guna menghindari importir yang selalu mendominasi perdagangan dalam negeri.(Baca: Kebijakan Impor Pangan Dinilai Penuh Risiko)

"Dia impor, tapi pemerintah harus meberikan ketegasan, bahwa harga eceran tertingginya harus dipatok. Kalau tidak dibuat satu ketegasan begitu akhirnya nanti harganya dipermainkan oleh dia. Impornya berapa, penyusutannya berapa, biaya gudang berapa, biaya angkutan berapa, nyari untung berapa, setoran yang resmi, tidak resmi berapa, tetapkan harga eceran tertingginya berapa." ujar Ngadiran saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, pemerintah berencana mempercepat realisasi impor sejumlah bahan pokok, seperti bawang merah, cabai dan daging sapi. Impor ini guna menstabilkan harga-harga kebutuhan pangan di pasar yang kian melonjak menjelang Lebaran. Rencananya realisasi ini akan dipercepat pada pertenganan bulan ini.(Baca: Impor Cabai dan Bawang Dilakukan Juli Hingga Desember)

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!